Beranda Kesehatan Kamu Sering Merasa Lelah? Mungkin Hal Ini Penyebabnya

Kamu Sering Merasa Lelah? Mungkin Hal Ini Penyebabnya

96
0
Ilustrasi - foto istimewa Media Indonesia

Kamu sering merasa lelah dan tidak bersemangat? Banyak yang mengalami hal yang, tapi banyak yang menganggap kelelahan terjadi cuma karena banyaknya aktivitas fisik di siang harinya. Padahal kelelahan dan kurang semangat tidak selalu disebabkan oleh padatnya aktivitas kamu lho.

Nggak jarang sih orang yang kegiatannya hanya tidur dan menonton televisi pun ternyata juga sering mengalami kelelahan fisik lho detikers. Kira-kira apa ya penyebab kelelahan fisik yang terjadi terus-terusan pada tubuhmu? Ini 7 alasan ini bisa menjadi penyebab kamu mudah lelah.

1. Kurangi konsumsi zat besi

Zat besi merupakan salah satu komponen yang penting dalam darah yang mana fungsinya adalah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen itu sendiri penting untuk pembakaran dan pembentukan energi. Oleh karena itu, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa membuat kamu merasa selalu lelah dan gak bersemangat.

2. Kurang tidur

Tidur malam yang cukup sangat penting lho healty friend untuk mengistirahatkan tubuh kamu yang lelah setelah beraktivitas seharian. Sebaliknya, jika kamu sering begadang, hanya akan membuat kamu bangun pagi dengan perasaan malas yang akhirnya membuat kamu merasa lelah dan tak bersemangat sepanjang hari.

3. Depresi

Depresi merupakan salah satu masalah mental yang sangat serius lho bahkan hingga berdampak pada aspek lain. Salah satu dampak dari depresi adalah perasaan lelah dan tak bersemangat sepanjang hari, karena orang yang mengalami depresi biasanya cenderung memikirkan hal-hal berat secara terus-menerus yang mengakibatkan energi terus terkuras.

4. Terlalu banyak konsumsi kafein

Selama ini konsumsi kafein dianggap dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat konsumennya tidak mudah mengantuk. Akan tetapi, jika mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan akan meningkatkan denyut jantung, resiko tekanan darah, serta kesulitan tidur. Bahkan pada beberapa orang konsumsi kafein dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan fisik lho.

5. Kurang olahraga

Kegiatan olahraga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Dampaknya kamu jadi lebih fokus dan berenergi. Sebaliknya, orang yang jarang berolahraga akan mudah merasa lelah walaupun kegiatan yang ia lakukan hanyalah berbaring dan nonton televisi.

6. Dehidrasi

Kamu sudah tahu kan pentingnya menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air secara cukup? Walaupun kelihatannya sederhana, air ternyata punya efek luar biasa pada tubuh. Bahkan kurangnya asupan air dapat membuat tubuh selalu merasa lelah dan tak bersem

7. Olahraga pada malam hari

Padatnya aktivitas pada siang hari kadang membuat orang memilih malam hari sebagai waktu untuk berolahraga. Padahal saat berolahraga aliran darah dan suplai oksigen dalam tubuh akan meningkat yang akhirnya membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Hal ini kemudian membuat tubuh kesulitan tidur di malam hari dan akhirnya bangun pagi dengan kondisi lelah dan kurang bersemangat. (Red)

Sumber : detik.com