Beranda Gaya Hidup Kamu Punya Darah O? Ini Karakter Pemilik Darah O

Kamu Punya Darah O? Ini Karakter Pemilik Darah O

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Sampai sast ini, golongan darah manusia dibagi menjadi empat golongan, A, B, AB, dan O. Hal ini penting karena untuk melakukan tranfusi darah dengana aman maka perlu digolongkan supaya tidak salah menerima donor.

Selain itu, karakteristik setiap darah juga berbeda-beda dalam hal ini bisa mempengaruhi kesehatan kita. Seperti beberapa orang percaya bahwa keberuntungan dan kepribadian juga dipengaruhi oleh golongan darah juga.

Dilansir Intisari Online dari Bright Side, inilah 5 fakta menarik yang perlu Anda ketahui jika golongan darah Anda O.

1. Karakteristik golongan darah O

Golongan darah tipe O dalah golongan darah yang paling umum yang menyumbang 37%-53% orang dalam kelompok etnis dan ras berbeda.

2. Golongan darah O adalah donor universal

Golongan darah O bisa disumbangkan ke mereka yang memiliki tipe darah berbeda, yang membuatnya menjadi golongan darah universal.

Hal ini sangat berlaku ketika dalam situasi darurat, sangat penting karena bisa menyelamatkan nyawa jika memang darah yang dibutuhkan tidak ada.

Maka paling aman adalah menggunakan darah tipe O.

3. Tipe O hanya bisa menerima tipe O

Meski golongan darah O bisa digunakan ke semua tipe, pemilik darah O hanya bisa menerima golongan darah O saja.

Dalam kasus-kasus darurat ketika tipe O- darah dalam persediaan sedikit, itu dapat diganti dengan tipe O + darah.

4. Resiko Kesehatan

Menurut ilmuwan kesehatan bisa dilihat dari jenis darah, ada teori tertentu tentang risiko dan manfaat kesehatan bagi orang-orang dengan golongan darah berbeda.

Menurut penelitian, khusunya orang-orang dengan golongan darah O bisa rentan terhadap beberapa infeksi bakteri dan virus dari golongan darah lain. Termasuk yang paling parah adalah, wabah kolera, mumps, TBC.

Kemudian, penelitian menunjukkan golongan darah O memiliki insiden ulkus duodenum 35% lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan golongan darah A, B dan AB.

5. Manfaat kesehatan

Orang dengan golongan darah O memiliki risiko terendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan pemilik golongan darah lain. Terlebih lagi, adalah orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit peredaran darah dan gangguan kognitif. (Red)