Beranda Kesehatan Kamu Konsumsi Makanan Ini? Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Kamu Konsumsi Makanan Ini? Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Ilustrasi - foto istimewa portalmadura.com

Kebiasaan tidur setelah sahur memang cukup nikmat karena waktu tidur yang kurang. Namun ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Menurut dokter ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam, langsung tidur setelah sahur bisa berisiko bagi kesehatan sistem pencernaan. Isi dan asam lambung akan berbalik arah ke kerongkongan yang bisa menyebabkan muntah serta Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD).

Terlebih lagi jika kamu mengonsumsi makanan-makanan ini di saat sahur, sebaiknya kamu tidak langsung tidur setelah sahur supaya tidak memicu terjadinya GERD.

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti daging atau gorengan, dan termasuk makanan berlemak baik seperti alpukat dan kacang-kacangan ternyata dapat memperburuk sistem pencernaan jika dikonsumsi saat sahur. Makanan berlemak bisa mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah. Saat otot ini rileks, asam lambung dapat keluar dari lambung ke kerongkongan atau GERD.

Makanan berlemak juga merangsang pelepasan hormon cholecystokinin, hormon yang dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan menyebabkan hal yang sama, yaitu GERD.

2. Jus jeruk

Tidak selamanya jus jeruk baik bagi tubuh. Saat kamu mengonsumsinya ketika sahur justru bisa memperburuk sistem pencernaan. Dalam suatu studi yang melibatkan 382 orang, 67 persen di antaranya mengalami heartburn atau sensasi dada terbakar, salah satu gejala GERD.

Sementara dalam penelitian lain. sekitar 73 persen dari 400 orang yang mengonsumsi jus jeruk atau buah jeruk mengalami heartburn.

3. Cokelat

Sebagai penambah energi, cokelat menjadi salah satu pilihan untuk menu pencuci mulut pada saat sahur. Sayangnya, cokelat ternyata dapat memicu heartburn lho. Cokelat juga mengandung lemak tinggi yang dapat membuat sfingter esofagus bagian bawah mengendur dan menyebabkan asam lambung keluar ke kerongkongan.

4. Makanan pedas

Ada saja orang yang merasa bukan makan namanya kalau tidak makan pedas. Tapi makan makanan pedas saat sahur tidak dianjurkan. Makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang dapat memperlambat laju pencernaan. Artinya, makanan akan tinggal lebih lama di dalam perut dan berisiko memunculkan heartburn, terlebih jika setelah makan langsung tidur.

Selain itu, makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan yang sudah meradang, ini dapat memperburuk kondisi sistem pencernaan. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini