Beranda Pariwisata Kampung Wisata Danau Kalpataru, Destinasi Tersembunyi di Kota Tangerang

Kampung Wisata Danau Kalpataru, Destinasi Tersembunyi di Kota Tangerang

Kampung Wisata Danau Kalpataru - foto istimewa

TANGERANG – Di tengah kepadatan di Kota Tangerang terdapat destinasi tersembunyi di dalam perumahan, yakni di Kampung Wisata Danau Kalpataru yang terletak di Cluster Italy, Perumahan Banjar Wijaya, Poris Plawad Indah, Cipondoh, Kota Tangerang.

Walaupun terdapat di dalam perumahan, Kampung Wisata Danau Kalpataru sekarang menjadi salah satu destinasi lengkap dan dicari oleh wisatawan dari berbagai daerah yang ingin mencari pengalaman alam.

Kampung Wisata Danau Kalpataru dibangun pada tahun 2020 dan diresmikan pada tahun 2022 oleh Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin. Pembangunan tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat di sekitar dengan memanfaatkan lahan seluas 2,8 hektar yang sebelumnya tidak terawat.

Ketua RW 015, David Yubiantoro menjelaskan di Kampung Wisata Danau Kalpataru tidak hanya menyajikan pemandangan danau saja. Terdapat juga berbagai fasilitas, diantaranya rumah pohon, teras-terasan, rumah baca, cafe, sport center, rumah panggung, hutan kota, aviary untuk bermacam burung dan glamping, rumah bibit, bebek-bebekan, serta wisata perahu kano.

“Jika, suatu wisata hanya danau saja yang kita jual itu mungkin menjadi monoton dan mungkin saja tidak ada ketertarikan para wisatawan untuk berkunjung. Namun, kami terus berinovasi dan mengembangkan Kampung Wisata Danau Kalpataru dengan berbagai fasilitas. Dan fasiltas tersebut bertambah juga berkat dukungan CSR PLN Peduli, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum secara gratis,” jelasnya, Selasa (5/9/2023).

Sementara itu, adapun beberapa fasilitas yang dapat disewa untuk para masyarakat umum, komunitas maupun perusahaan, seperti sport center, rumah panggung yang dipergunakan untuk para komunitas seni, dan hutan kota serta teras-terasan yang dipergunakan untuk camping ground.

“Semua fasilitas yang ada disini dipersediakan untuk masyarakat umum. Jadi, siapa saja bisa datang maupun menyewa dengan harga yang terjangkau. Selain itu, untuk camping bisa juga dipersediakan dengan perlengkapan yang sangat lengkap. Jadi tinggal datang saja membawa diri kalian,” tutup David. (Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News