Beranda Pariwisata Kampung Reforma Agraria Panimbang Jadi Percontohan di Indonesia

Kampung Reforma Agraria Panimbang Jadi Percontohan di Indonesia

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra meninjau Kampung Reforma Agraria di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, Sabtu (15/8/2020) - (Foto Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra meninjau Kampung Reforma Agraria di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, Sabtu (15/8/2020).

Wamen ATR Surya Tjandra mengatakan, Kampung Reforma Agraria yang terletak di Desa Mekarsari ini menjadi perhatian kementerian mulai dari proses perencanaan, pembangunannya.

“Semua terstruktur dengan rapih dan akan di jadikan Kampung Reforma Agraria percontohan bagi wilayah lain di Indonesia,” ujar Surya usai meninjau lokasi.

Lebih lanjut Ia mengatakan, sasaran utama dari Reforma Agraria adalah bagaimana masyarakat yang sudah memperoleh aset reforma ini mampu memberdayakan tanahnya atau lebih dikenal juga akses reform.

“Hadirnya Kampung Reforma Agraria ini adalah salah satu hasil yang ideal dalam pelaksanaan Reforma Agraria, Kampung Reforma Agraria yang berada di Panimbang ini adalah hasil nyata dari pelaksanaan Reforma Agraria, dan merupakan salah satu bukti suksesnya program bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng menyampaikan, Kampung Reforma Agraria ini lahir dari program redistribusi tanah.

Kata dia, adapun tanahnya berasal dari eks HGU dan ditelantarkan oleh pemegang haknya dan oleh Kementerian ATR/BPN telah diredistribusi kepada 225 Kepala Keluarga.

Ia menambahkan adapun pemberdayaan masyarakat Kampung Reforma Agraria dalam pengelolaan tanahnya dilakukan melalui kerjasama masyarakat dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pemerintah Daerah serta Kementerian ATR/BPN.

“Ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan,” tukasnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News