Beranda Bisnis Kampung Budidaya Patin Cisilad Diyakini Bisa Dongkrak Kesejahteraan Warga Lebak

Kampung Budidaya Patin Cisilad Diyakini Bisa Dongkrak Kesejahteraan Warga Lebak

Kampung Budidaya Patin Cisilad di Desa Prabugantungan, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Kamis (19/8/2021) - Foto istimewa

LEBAK – Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meresmikan Kampung Budidaya Patin Cisilad di Desa Prabugantungan, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Kamis (19/8/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Jajaran Kementrian Kelautan dan Perikanan, Tokoh Masyarakat Banten, Mulyadi Jayabaya, Sekretaris Daerah Lebak Budi Santoso beserta jajaran serta Unsur Forkopimda Kabupaten Lebak.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Trenggono mengatakan yakin kegiatan budidaya patin di wilayah pedalaman ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyerap banyak tenaga kerja lokal bila digeluti secara optimal.

“Ini adalah inisiasi yang baik, gerakan yang baik sebagai pengembangan model budidaya pedalaman dengan ikan yang dibudidaya sesuai dengan kearifan lokal. Model ini bisa menyejahterakan masyarakat di sini,” ucap Menteri Trenggono melalui keterangan tertulis.

Saat ini terdapat 196 kolam budidaya di Kampung Patin Cisilad dengan luasan kurang lebih 15 hektare. Di dalamnya hampir 3 juta bibit ikan patin sudah mulai dibudidaya. Dalam kegiatan tersebut Menteri Trenggono sekaligus menebar 11.000 benih ikan patin di kolam budidaya.

Pembangunan kampung budidaya perikanan berbasis kearifan lokal sendiri merupakan salah satu program terobosan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hingga 2024. Tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, penciptaan dan penyerapan tenaga kerja, serta menjaga keberlanjutan ikan-ikan lokal dari kepunahan.

“Dampak ekonomi yang timbul dalam usaha pembudidayaan ikan ini banyak. Menyerap tenaga kerja bagi masyarakat sekitar sehingga perputaran ekonomi di wilayah Lebak dan di seluruh Indonesia dapat berkembang pesat, dan model budidaya terukur inilah yang sedang saya coba kembangkan,” paparnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News