Beranda Komunitas Kampanye Bebas Polusi, Ratusan Goweser ‘Serang Night Ride’ Keliling Kota Serang

Kampanye Bebas Polusi, Ratusan Goweser ‘Serang Night Ride’ Keliling Kota Serang

230
0
Ratusan pesepeda ikuti 'Serang Night Ride'. (Ade/bantennews)

SERANG – Demi mengkampanyekan bebas polusi di Ibukota Provinsi Banten, ratusan goweser tumplek membanjiri jalan protokol di Kota Serang, Jumat (20/9/2019) malam. Tujuannya mengajak masyarakat Kota Serang hidup sehat dan menjaga lingkungan sehingga terbebas dari polusi udara dan bebas sampah botol plastik.

Masyarakat Kota Serang antusias mengikuti gerakan bersepeda pada malam hari tersebut. Warga Kota Serang yang tak sempat bersepeda di pagi hari bisa bergabung dengan gerakan gowes Serang Night Ride (SNR).

Kiki, salah satu penggerak SNR mengatakan bahwa gerakan bersepeda malam hari tersebut dilaksanakan sebulan dua kali yaitu Jumat malam pada pekan pertama dan Jumat malam pada pekan ketiga. Hingga saat ini peserta SNR sekitar 250 orang yang sudah sering bergabung mengikuti kegiatan Serang Nigt Ride.

“Para anggota sih tidak hanya dari Kota Serang tapi boleh juga luar Kota Serang seperti Rangkas, Cilegon, Pandeglang, Tangerang. Siapapun boleh gabung dalam SNR ini, tua muda dan komunitas apapun boleh mengikuti kegiatan ini. Karena di SNR ini wadah silaturahmi untuk mengedukasi para Goweser cinta lingkungan sehingga Kota Serang bebas polusi udara dan bebas sampah botol plastik, ” ujarnya.

Ia berharap pemerintah daerah dapat memfasilitasi para goweser berlalu lintas di jalan-jalan protokol di Kota Serang maupun di kota/kabupaten di Provinsi Banten. Sebab  peminat sepeda semakin banyak, kemudian gerakan bersepeda juga mampu menyehatkan badan dan meringankan beban pikiran. “Yah minimal seperti di daerah lain Yogya, Jakarta dan lainnya. Jadi kami harap pemerintah buat lintasan khusus atau jalur khusus buat para goweser. Karena sepeda itu kan ramah lingkungan, jadi pemerintah daerah perlu melindungi agar para goweser nyaman saat melintas di jalanan, ” ujarnya. (Dhe/Red).