Beranda Hukum Kalapas Cilegon Klaim Bakal ‘Sikat’ Oknum Petugas Nakal

Kalapas Cilegon Klaim Bakal ‘Sikat’ Oknum Petugas Nakal

Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon, Masjuno (tengah) saat memberikan keterangan pers. (Gilang/BantenNews.co.id)

CILEGON – Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon, Masjuno menegaskan pihaknya terus membenahi pelayanan guna menuju zona integritas. Pihaknya bahkan berupaya untuk mempersempit kesempatan warga binaan untuk memiliki menggunakan fasilitas alat komunikasi.

Pernyataan tersebut menyikapi penangkapan bandar narkotika jenis sabu-sabu oleh Polres Cilegon belum lama ini yang belakangan mengungkap dugaan adanya peran warga binaan lapas yang mengendalikan melalui telepon genggam.

“Kalau merunut cerita, iya, pelaku itu memang saling mengenal. Rupanya sama-sama ketika di sini (pernah menjadi narapidana). Kita selalu adakan razia (ponsel dari tangan warga binaan). Saya tidak menutup kenyataan bahwa ada penggunaan ponsel dan sebagainya, ini sedang kita dalami terus. Dapat, kita sita,” dalam keterangan persnya di Lapas Kelas IIA Cilegon, Kamis (27/2/2020).

Ia menerangkan, persoalan over kapasitas warga binaan yang tidak sebanding dengan jumlah petugas menjadi kendala lain dalam pengawasan masuknya alat komunikasi tersebut. Saat ini terdapat sekira 1.332 warga binaan yang menghuni di lapas yang terletak di Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber itu dimana 945 orang di antaranya merupakan narapidana dengan kasus narkotika.

“Saya tidak mau kalau masalah minimnya jumlah petugas itu dijadikan alasan. Yang pasti, kalau ada keterlibatan oknum petugas, pasti saya sikat, sama sekali tidak ada tawar menawar. Bisa tindakan pelanggaran disiplin, bahkan bisa sampai ke pemecatan. Buktikam saja nanti. Tapi saya berharap itu tidak terjadi. Kita akan dalami, bagaimana ponsel itu bisa masuk,” terangnya.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini