Beranda Politik Kalah di Pileg, Politisi di Banten Beralih Bakal Maju di Pilkada

Kalah di Pileg, Politisi di Banten Beralih Bakal Maju di Pilkada

Ilustrasi - Foto istimewa

SERANG – Tahap pemilihan legislatif (pileg) sudah hampir memasuki babak akhir. Kini sudah pada tahap rekapitulasi di tingkat pusat sehingga peta politisi yang lolos dan tidak kini sudah bisa terbaca.

Setelah pileg, partai politik dan politisi akan kembali sibuk menghadapi kontestasi pemilihan kepada daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) yang diagendakan pada November 2024.

Politisi yang gagal dalam perebutan kursi legislatif kini beralih bakal ikut maju dalam perebutan kursi eksekutif melalui pilkada. Sejumlah politisi yang gagal maju di pileg, kemungkinan ada yang bakal kembali adu peruntungan maju di Pilkada.

1. Adde Rosi Khoerunnisa

Pasca pileg, nama Adde Rosi Khoerunnisa begitu kuat dikabarkan bakal maju dalam pilkada Pandeglang. Politisi Golkar yang merupakan istri dari mantan Wagub Banten Andika Hazrumy ini pada pileg 2024 maju dari dapil Lebak-Pandeglang. Namun perolehan suara Adde Rosi tidak mencukupi untuk mengantarkan dirinya kembali ke DPR RI.

Sebelum pileg,

Sebelumnya nama kader Golkar yang mendapatkan mandat menjadi kandidat sebagai bakal calon bupati Pandeglang yakni wakil ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Gunawan dan Anggota DPRD Banten Fitron Nur ikhsan.

Sekretaris Golkar Banten Bahrul Ulum mengungkapkan, setiap kader memilki kesempatan yang sama untuk maju dalam pilkada apalagi keputusan DPP Partai Golkar untuk rekomendasi bakal calon belum final.

“Karena finalnya saat pendaftaran, maka siapapun kader Golkar diberikan kesempatan yang sama,” kata Ulum.

2. Bambang Janoko

Spanduk Bambang Janoko. (Qizink/bantennews)

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Serang, Bambang Janoko dipastikan gagal meraih kursi DPRD Kota Serang yang sudah tiga periode ia duduki.

Setelah perhelatan pileg, sejumlah spanduk bergambar Bambang Janoko kini bertebaran di wilayah Kota Serang. Selain berisi ucapan terima kasih kepada masyarakat yang memilih PDIP pada Pemilu 2024, spanduk tersebut juga menyebut Bambang Janoko sebagai bakal calon Walikota Serang.

3. Dimyati Natakusumah

Baliho Dimyati Natakusumah di Kota Serang. (Qizink/bantennews)

Dimyati Natakusumah, juga termasuk petahana yang kalah dalam Pileg 2024. Dimyati yang maju lewat PKS dari dapil Lebak-Pandeglang kalah dalam.perolehan suara sehingga dipastikan gagal kembali ke DPR RI.

Kini nama Dimyati ramai dibicarakan bakal maju di Pilgub Banten. Media kampanye luar ruang Dimyati kini banyak terpasang, tak hanya di Pandeglang tapi juga kabupaten/kota lain di Banten.

4. Mochamad Hasbi Jayabaya

Pada Pileg 2024, Mochamad Hasbi Jayabaya gagal mempertahankan kursi DPR RI dari dapil Lebak – Pandeglang. Hasbi yang maju melalui PDI Perjuangan kalah suara.

Setelah pileg, nama Hasbi dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Lebak. Hasbi santer bakal meneruskan trah Jayabaya dalam memimpin Kabupaten Lebak. Iti Octavia Jaya, mantan Bupati Lebak yang merupakan saudara dari Hasbi tak mungkin lagi maju di Pilkada Lebak karena sudah dua periode menjabat.

(Ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini