Beranda Pemerintahan Kaji KSO Pelabuhan Warnasari, Helldy : Banyak Investor Yang Mau

Kaji KSO Pelabuhan Warnasari, Helldy : Banyak Investor Yang Mau

Walikota Cilegon, Helldy Agustian. (Gilang)

CILEGON – Walikota Cilegon Helldy Agustian menegaskan akan mengkaji lebih lanjut rencana Kerja Sama Operasional (KSO) antara PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) dan PT Tirtasari Prima Terminal (TPT) kaitan pengelolaan 45 hektare lahan Warnasari.

“Ini kan dalam tahap awal, kita belum bisa rumuskan, belum bisa putuskan, tidak ada keputusan hari. Hari ini silaturahim, PCM bersama TPT dan dengan kami Pemerintahan Kota Cilegon yang baru,” ujar Helldy usai menggelar rapat tertutup di ruang rapat Walikota, Rabu (10/3/2021) petang.

Lebih jauh Helldy kembali menegaskan belum adanya kerja sama investasi resmi yang terjalin antara salah satu BUMD tersebut dengan PT TPT. “Jadi kita belum ada kerja sama, belum ada segala macem, baru penjajakan terlebih dahulu. Yang kemarin mungkin sudah terlalu jauh atau gimana saya ngga paham yah, karena kita belum jauh ke sana,” sindir Helldy.

Helldy bahkan mengaku tidak khawatir bila belum adanya waktu keputusan dari pemerintah daerah kaitan rencana KSO itu akan berujung pada semakin tidak jelasnya realisasi pelabuhan daerah lantaran investor mengurungkan rencananya.

“Semua (investor) juga pasti menawari untung, tapi reality-nya kan nanti kita pelajari. Ngga lah (pemerintah tidak takut kehilangan investor) biasa saja, banyak yang mau, kan kita harus kaji. Jangan sampai kelihatannya untung malah rugi. Kan banyak faktor (kajian), ekonomi, inflasi dan kondisi sekarang ini,” kilahnya.

Baca : PT PCM : KSO Pelabuhan Warnasari Janjikan Keuntungan Daerah

Dengan kebijakan baru yang akan diterapkan, Helldy meyakini nasib Warnasari ke depan tidak seperti di pemerintahan sebelumnya. “Itu kan siapa yang ngatur, kan kalau kita yang ngatur beda lagi, seperti itu. Tinggal nanti siapa investor yang jodoh,” ucapnya dengan nada enteng.

Sementara Direktur Utama PT PCM, Arief Rivai Madawi mengapresiasi langkah Pemkot Cilegon yang akan melakukan kajian lebih lanjut kaitan rencana KSO terhadap investor yang sudah kesekian kalinya diajukan PT PCM.

“Kajian itu saya kira wajar. Memang memerlukan waktu untuk pembahasan ini, saya berharap semua diuntungkan. Dari aspek daerah, juga dari investor terlindungi dan ada satu kepastian dari investasinya. Karena selama ini sudah ada 12 investor yang kita tawarkan, tapi itu semua berakhir pada sisi keseriusan untuk dilakukan perjanjian. Namun TPT ini, ada keseriusan untuk dilakukan satu perjanjian dengan telah disampaikan berapa besar keuntungan yang akan didapat pemerintah daerah,” ujarnya.

Baca Juga : Evaluasi Rencana KSO Pelabuhan Warnasari oleh Helldy-Sanuji Dikritisi Parlemen

Di bagian lain Direktur Komersil PT TPT, Nasdion Agus enggan berkomentar banyak kaitan dengan tanggapan pihaknya terhadap rapat internal tersebut dan sikap pemerintah daerah.

“Tadi kan sudah dengar, kita tadi tidak mendapatkan keputusan apa-apa (kaitan tindak lanjut rencana KSO). Yah (langkah kajian Pemkot Cilegon) ini good, sikap kehatian-hatian yang bagus, dan kita siap,” ujarnya singkat. (dev/red)