Beranda Bisnis KAI Beri Tarif Tiket Khusus untuk Lansia, Veteran, Akademisi, hingga Wartawan

KAI Beri Tarif Tiket Khusus untuk Lansia, Veteran, Akademisi, hingga Wartawan

Kereta api Sancaka. (Foto : google)

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan penawaran menarik untuk membuat perjalanan dengan kereta api semakin menyenangkan. Terdapat diskon tiket kereta terbaru 2023 yang bisa dimanfaatkan.

KAI menyediakan tarif reduksi untuk berbagai kalangan dan juga instansi. Tarif khusus untuk sejumlah rute dan perjalanan kereta api, serta tarif subkelas untuk para pelanggan kereta api. Simak diskon tiket kereta terbaru 2023 pada ulasan berikut.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan, beberapa program yang disediakan KAI bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ingin bepergian dengan menggunakan kereta api.

“Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” kata doni seperti yang dilansir dari laman PT KAI.

Lebih lanjut, Joni menyampaikan KAI memberikan beberapa Tarif Reduksi ke berbagai kalangan masyarakat untuk menjadikan perjalanan mereka menggunakan kereta api lebih hemat hingga 50 persen.

Diskon Tiket Kereta Terbaru 2023

Adapun ketentuan tarif reduksi yang akan PT KAI berikan untuk sejumlah kalangan dan instansi yaitu:

1. Lansia

Kalangan lansia akan diberikan diskon tiket kereta sebesar 20 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan pelanggan harus berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

2. Legiun Veteran RI

Legiun Veteran RI diberi diskon sebesar 50 persen untuk Kereta Api Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa hingga Kamis kecuali perjalanan pada hari besar atau hari libur nasional lainnya serta hari-hari ramai yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Diskon sebesar 30 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku khusus di hari Jumat sampai dengan Senin dan hari besar atau hari libur nasional lainnya serta hari-hari ramai yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

3. TNI dan Polri

Diskon tiket kereta juga diberikan kepada anggota TNI dan Polri sebesar 25 persen untuk perjalanan KA Komersial kelas eksekutif dan 50 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Diskon akan diberikan kepada anggota TNI atau Polri yang masih aktif termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri. Namun diskon ini tidak berlaku bagi keluarganya, ataupun ASN/PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

4. Wartawan

Seseorang yang bekerja sebagai wartawan juga diberi diskon tiket kereta 2023 sebesar 20 persen untuk perjalanan KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan ketentuan harus menunjukan kartu pers dan surat tugas peliputan.

5. Civitas Akademika

Terakhir diskon sebesar 10 persen yang diberikan untuk para dosen dan tenaga kependidikan di UNS, UNPAD, UGM, UI, ITB, dan ITS, serta para anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

Joni mengungkapkan pembelian sejumlah tiket ini harus dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan cara memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya lewat Loket, Customer Service, ataupun lokasi lainnya yang sidah bekerja sama antara KAI dan instansi tersebut.

“Ke depan, tidak tertutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak masyarakat dan instansi yang mendapatkan diskon khusus untuk pembelian tiket,” jelasnya.

Selain itu, KAI juga akan menyediakan tarif khusus di mana pelanggan bisa membeli tiket dengan harga yang lebih murah untuk rute dan jenis kereta tertentu. Tarif khusus ini tersedia untuk rute kereta api seperti:

Gambir – Cirebon,
Bandung – Tasikmalaya
Bandung – Banjar
Cirebon – Purwokerto
Semarang Tawang/ Semarang Poncol – Tegal
Purwokerto -Yogyakarta/ Lempuyangan/ Solo Balapan
Madiun – Malang
Surabaya Gubeng – Jember, dan lain sebagainya.

Sama seperti sebelumnya, tiket tarif khusus ini bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access ataupun lewat loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan ataupun secara go show.

Selain itu, KAI juga akan menyediakan tarif yang lebih terjangkau melalui pembagian tarif subkelas yang dilakukan pada saat penjualan tiket kereta seperti kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi. Pada saat pemesanan, calon penumpang bisa melihat kode subkelas pada tiket sesuai yang diinginkan serta beberapa alternatif tarif.

Adapun perbedaan antar-kode subkelas adalah hanya terletak pada tarif yang ditawarkan. Tidak ada perbedaan fasilitas atapun tempat duduk yang nantinya didapatkan oleh para pelanggan selama dalam perjalanan. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini