Beranda Bisnis Kafe Keliling, Tempat Ngopi Unik Anti-Mainstream di Banten

Kafe Keliling, Tempat Ngopi Unik Anti-Mainstream di Banten

472
0
Kafe Keliling atau KafLing yang biasa mangkal di sekitar Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Cilegon dan Alun-alun Cilegon. (Foto: usman/bantennews.co.id)

CILEGON – Beberapa hari belakangan, Kafe Keliling menjadi perbincangan masyarakat khususnya para penikmat kopi di Serang dan Cilegon, Banten. Ya, Kafe Keliling milik wartawan senior sekaligus aktor teater Iffan Gondrong itu memang menarik perhatian berbagai pihak.

Kafe Keliling atau KafLing yang biasa mangkal di sekitar Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Cilegon dan Alun-alun Cilegon itu beroperasi di atas motor roda tiga yang dimodifikasi sedemikian rupa. Sangat inspiratif.

Yang lebih menarik, Barista (penyaji kopi-red) di Kafe Keliling adalah Iffan Gondrong sendiri. Pria yang selama setahun terakhir mendampingi Walikota Cilegon non aktif Tb Iman Ariyadi sebagai Staf Khusus Walikota Cilegon Bidang Komunikasi Media itu tanpa canggung sedikitpun melayani para penikmat kopi.

Di tangan Barista Iffan Gondrong, berbagai jenis biji kopi mulai dari Kopi Gayo, Toraja, Bali Kintamani, Papua Waimena, Mandailing, Ijen, dan Kopi Bengkulu diracik di atas motor roda tiga tentu dengan rasa yang sangat menggoda para penikmat kopi.

Iffan Gondrong menyajikan kopi dengan metoda manual brewing mulai dari V60, Aero Press, Franch Press, dan Mocca Pot. Menu yang tersedia antara lain Vietnam Coffee hot/ice, Black Coffee hot and ice, juga tersedia Ice Coffee Latte.

Soal harga sangat terjangkau. Kafe Keliling menjual kopi kisaran Rp10.000 hingga Rp18.000. Sangat terjangkau bukan?

Transformasi Iffan Gondrong

Pria kelahiran Pandeglang, Banten ini menjalani profesi sebagai wartawan sejak 2003 silam di koran Jawa Pos Grup yakni Satelit News. Dia lalu menjadi Redaktur dan Kepala Biro Indopos (Jawa Pos Grup) Banten.

Pada 2008, Iffan Gondrong hijrah ke Banten Pos (Jawa Pos Grup) dengan posisi sebagai redaktur halaman Cilegon. Tak lama kemudian dia menduduki posisi Korlip Banten Pos dan terus naik jabatan menjadi Redaktur Pelaksana (Redpel) Banten Pos.

Kiprahnya di dunia jurnalistik sudah sangat diakui. Integritasnya sebagai wartawan sudah teruji. Iffan Gondrong pernah bertugas di berbagai daerah di Banten dan Jakarta. Sewaktu menjadi wartawan Indopos, Iffan Gondrong bertugas di KPK, MK, Kejagung dan instansi lainnya.

Pada 2016, sejatinya Iffan Gondrong menduduki posisi puncak di Banten Pos sebagai Pimpinan Redaksi Banten Pos. Namun, dia mengundurkan diri karena menjadi Staf Khusus Walikota Cilegon Bidang Komunikasi Media.

Selama setahun terakhir, Iffan Gondrong menjadi pendamping Tb Iman Ariyadi. Dia bertugas menyampaikan informasi seputar kegiatan Tb Iman Ariyadi sebagai Walikota Cilegon baik di daerah maupun di luar daerah bahkan di luar negeri.

Kini, Iffan Gondrong yang seniman dan wartawan itu telah bertransformasi menjadi seorang barista. Kafe Keliling adalah brand yang dia pegang. Kafe Keliling milik Iffan Gondrong merupakan satu-satunya kafe anti-mainstream yang ada di Banten.

Anda penasaran dengan racikan kopi Sang Wartawan itu? Silakan datang ke Kafe Keliling yang biasa mangkal di Pemkot Cilegon pada siang sampai sore dan di Alun-alun Cilegon yang buka hingga tengah malam. (Man/Red)