Beranda Pemerintahan Kadinkes : Puskesmas di Pandeglang Wajib Beroperasi 24 Jam Selama Mudik dan...

Kadinkes : Puskesmas di Pandeglang Wajib Beroperasi 24 Jam Selama Mudik dan Libur Lebaran

110
0
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani

PANDEGLANG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengintruksikan selama arus mudik dan libur Lebaran, Puskesmas di Pandeglang harus buka selama 24 jam.

Kadinkes mengatakan, sejak H-7 hingga H+7 pelayanan kesehatan di Puskesmas telah disiagakan, terutama di jalur-jalur perlintasan pemudik maupun wisatawan.

“Malah khusus untuk Puskesmas Carita, disiagakan hingga H+11. Hal ini mengingat Carita adalah kawasan wisata, sehingga perlu disiagakan lebih lama demi menjamin kesehatan dan keselamatan wisatawan,” katanya, Jumat (24/5/2019).

Dewi menjelaskan, dari 36 kecamatan ada sekitar 641 petugas terdiri atas dokter 45 orang, perawat 255, bidan 250 dan non medis 91 orang. Jumlah itu ditambah dengan tenaga yang bertugas di posko tambahan.

“Sebab Dinkes juga membuka posko tambahan ditujuh titik. Total tenaga medis yang dilibatkan untuk menjaga posko tambahan sebanyak 164 orang, meliputi 10 tenaga dokter, 98 perawat, 56 bidan dan mengoperasikan mobil ambulans sebanyak 8 unit,” jelasnya.

Meski begitu lanjut Dewi, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pihak lainnya, terutama PMI untuk menutupi kekurangan tenaga. Karena walau sudah menyiapkan ratusan tenaga medis, namun Dewi mengaku jumlah itu masih kurang untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

“Untuk pos tambahan ini kami butuh bantuan teman-teman dari PMI, karena tenaga kami kurang, khawatir ada masalah yang urgent,” tambahnya. (Med/Red)