Beranda Pemerintahan Kades se-Pandeglang Bakal “Terbang” ke Bali

Kades se-Pandeglang Bakal “Terbang” ke Bali

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Berdasarkan informasi, 326 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Pandeglang bakal terbang ke Pulau Dewata Bali untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas aparatur desa.

Seorang Kades yang enggan disebutkan namanya menyampaikan, rencana tersebut bakal dilakukan pada November 2019 mendatang.

“Ke Bali, rencananya bulan 11 tapi kalau saya kurang tahu juga mau ikut atau tidak soalnya banyak juga yang nggak mau ikut,” kata dia, Selasa (20/8/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat membenarkan rencana tersebut.

Kata dia, berdasarkan Peraturan Menteri Desa tentang prioritas Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019 daftarnya cukup banyak dan memungkinkan Kades untuk mengikuti Bimtek ke luar daerah.

“Pertanyaannya apakah boleh perangkat atau kepala desa mengikuti Bimtek dengan biaya sendiri boleh, sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan. Umpamanya mereka (Kades) ada kegiatan di Bali dengan lembaga tertentu ya diperbolehkan sebetulnya,” kata Taufik.

Taufik menerangkan, dalam urusan ini DPMPD menyerahkan sepenuhnya pada Kades. Karena ia beranggapan bahwa anggaran dana desa sepenuhnya dikelola Kades sehingga DPMPD tidak memiliki kewenangan.

Ia juga berkilah kalau kepanitiaan atau penyelenggara bukan dari DPMPD, sedangkan untuk pemilihan lokasi di Bali menurutnya kemungkinan besar berasal dari keinginan para Kades.

“Kami dari DPMPD ga mengkoordinir, kami nggak ikutan. Kalaupun saya diminta hanya untuk membuka saja. Kami nggak tahu kenapa di Bali,” terangnya.

“Ya karena mungkin ada lembaga yang mengajak terus umpamanya Kadesnya mau ya silahkan, kalau Kadesnya tidak mau kami tidak bisa mengajak dan membatasi mereka, karena otonominya mereka kaitan dengan belanja,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini