Beranda Pemerintahan Kades Bayumundu Klaim Petani di Desanya Mampu Menanam Bawang Merah

Kades Bayumundu Klaim Petani di Desanya Mampu Menanam Bawang Merah

62
0
Mulyadi, Kepala Desa Bayumundu. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Kepala Desa (Kades) Bayumundu, Mulyadi mengkalim bahwa petani di desa nya juga mampu menanam bawang merah dengan hasil memuaskan seperti di Kabupaten Brebes.

Bahkan kata dia, jika Pemerintah Kabupaten Pandeglang khususnya Dinas Pertanian mendukung para petani ia meyakini pasokan bawang merah untuk Pandeglang tidak perlu lagi harus membeli dari daerah lain.

Ia mencontohkan, dulu di Desa Bayumundu pernah ada petani yang mencoba menanam bawang merah dan berhasil, dimana dari 1 kuintal benih bisa menghasilkan 1 ton lebih.

“Padahal kalau petani kita benar-benar dibimbing dan diarahkan kayanya apa yang ditanam pasti berhasil. Kenapa tidak sih Pandeglang ini dibangkitkan petani bawang ini jangan pasokan dari Brebes aja, petani bawang di kita juga bisa. Kenyataannya di Bayumundu juga berhasil ko,” tegasnya.

Menurutnya, di Desa Bayumundu 70 persen masyarakatnya merupakan buruh tani. Namun yang sering menjadi kendala yang dihadapi oleh petani saat ini adalah di bidang pemasaran.

“Kadang masyarakat kesulitan di pemasaran karena pernah menanam jagung sesuai instruksi Dinas Pertanian begitu sudah berhasil tidak ada yang beli, nah itu kesulitannya,” keluhnya. (Med/Red)