Beranda Komunitas Kader TPK Diminta Berperan Aktif Entaskan Stunting di Lebak

Kader TPK Diminta Berperan Aktif Entaskan Stunting di Lebak

Acara Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak - foto istimewa

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Angka Stunting (TPPS) Lebak menghadiri sekaligus memberikan arahan pada Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak.

Turut hadir Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten, Dadi Ahmad Roswandi, Forkopimcam Cihara, Unsur Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten (DP3AP2KB) Lebak, Kepala Desa Kecamatan Cihara, TP PKK Kecamatan Cihara serta Unsur pelayanan Kesehatan Kecamatan Cihara.

Dalam arahannya Wabup menekankan pentingnya peran Kader TPK dalam mengentaskan stunting, untuk itu melalui kegiatan orientasi ini, Wabup berharap para Kader TPK mendapatkan pembekalan pengetahuan terkait stunting agar dalam melaksanakan tugas di lapangan dapat dilakukan secara maksimal.

“Menurut hasil monitoring kelapangan, masih banyak terdapat orang tua yang masih malu dan merasa stunting itu aib atau penyakit, padahal bukan, sehingga enggan untuk membawa anaknya ke posyandu, padahal si anak ini baru terindikasi gejala stunting tapi belum stunting, dan karena malu itu sehingga tidak mendapatkan pelayanan kesehatan untuk si anak, maka anak ini akhirnya menjadi stunting,” ungkap Wabup dalam keterangannya, Jumat (19/8/2022).

Wabup juga menambahkan pentingnya para Kader TPK untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua, bahwa stunting bukan penyakit atau aib, sehingga bisa sedini mungkin ditangani ketika si anak terindikasi stunting.

Sementara itu Plt Kepala Perwakilan BKKBN Banten, Dadi Ahmad Roswandi mengapresiasi Pemkab Lebak yang bersungguh-sungguh dalam mensukseskan pengentasan stunting di Kabupaten Lebak.

“Di Kabupaten Lebak inilah TPPS-nya paling aktif dibanding kabupaten lain di Provinsi Banten,” ungkap Dadi.

(Red)