Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Digoyang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

Kabupaten Lebak Digoyang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Gempa kembali mengguncang wilayah Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak, Minggu (15/7/2018). Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Warga Diimbau agar tetap tenang.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Lebak diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,8 terjadi dengan koordinat episenter pada 6,93 LS dan 106,37 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km arah Tenggara Kabupaten Lebak, Propinsi Banten pada kedalaman 2 km.

“Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan sesuai dengan laporan masyarakat sekitar, gempa ini dirasakan di daerah Cikatomas, Cisolok, Cijaku, Cicurug, Cisaat , Kabandungan , Malingping, Panggarangan, Panimbang, Pelabuhan Ratu dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempabumi tersebut,” ujarnya melalui siaran tertulis yang diterima wartawan.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, lanjutnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di zona Bayah.

“Hingga laporan ini dibuat pukul 15:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” terangnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini