SERANG – Fenomena investasi aset kripto di Indonesia, ternyata membuka banyak peluang. Pertumbuhan tidak hanya terjadi dari sisi jumlah investor dan transaksi saja, namun juga terhadap para pemain di industri.
Terhitung hingga Maret 2022, jumlah calon pedagang fisik aset kripto di Indonesia yang telah memiliki tanda daftar dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) tercatat bertambah menjadi sebanyak 18 perusahaan pedagang aset kripto. Padahal sebelumnya, di akhir tahun 2021 hanya ada 11 pedagang.
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan dua tahun belakangan menjadi tahun yang menarik bagi perkembangan perdagangan fisik aset kripto di Indonesia. Ia pun meyakini dalam waktu dekat, sangat dimungkinkan jumlah calon pedagang aset kripto akan terus bertambah.
“Hingga Februari 2022, nilai transaksinya tumbuh 14,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021. Pada bulan lalu juga, jumlah pelanggan terdaftar mencapai 12,4 juta pelanggan. Perkembangan yang luar biasa ini perlu untuk terus dikawal bersama agar perdagangan fisik aset kripto di Indonesia tetap berada di koridor yang benar,” kata Jerry dalam siaran pers Kementerian Perdagangan, Senin (4/4/2022).
Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) & COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda, melihat meningkatnya jumlah calon pedagang aset kripto di Indonesia membuktikan bahwa industri berjalan dengan baik. Kemudian, aset kripto sudah bisa diterima oleh masyarakat sebagai salah satu instrumen investasi.
“Kami dari asosiasi menyambut baik pertumbuhan jumlah calon pedagang aset kripto di Indonesia. Mungkin kalo dari market atau masyarakat melihat akan semakin banyak kompetitor, bukan di asosiasi kita sama-sama merangkul bersama-sama membangun sebuah ekosistem industri aset kripto di Indonesia, karena potensinya sangat besar,” kata pria yang akrab disapa Manda.
Aspakrindo Rangkul Calon Pedagang Aset Kripto
Lebih lanjut Manda menambahkan jumlah anggota Aspakrindo kemungkinan besar akan bertambah seiring dengan meningkatnya perusahaan yang mendapatkan tanda daftar resmi Bappebti untuk menjadi calon pedagang aset kripto. Aspakrindo telah mendapatkan tanda daftar dan izin di Bappebti berdasarkan kepada Peraturan No.5 Tahun 2019.
Sementara, saat ini sendiri jumlah anggota Aspakrindo ada sembilan pedagang aset kripto yaitu Tokocrypto, Rekeningku, Indonesia Digital Exchange, Bitocto, Triv, Pintu, Koinku dan PlutoNext. Ditambahkan dengan satu anggota baru yang terdaftar yaitu PT. Zipmex Exchange Indonesia.
“Syarat utama untuk dapat mendaftar di Aspakrindo yaitu anggota baru telah terdaftar sebagai Calon Pedagang Aset Kripto di Bappebti. Kemudian, asosiasi ini akan berusaha meningkatkan kinerja perdagangan aset kripto komoditi yang bertumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, wajar, transparan, serta sesuai praktek industri aset kripto yang berstandar internasional,” jelasnya.
Manda juga memiliki pandangan soal regulasi yang dijalankan Bappebti untuk melakukan pengawasan terhadap calon pedagang aset kripto yang terdaftar. Dengan menjalankan aturan yang baik, diharapkan ekosistem industri bisa berjalan dengan baik dan sehat.
“Ada beberapa teman-teman calon pedagang yang belum menjalankan prosedural bisnis ya, sudah terdaftar dan melengkapi modal, apakah mereka sudah menjalankan sistem perdagangan atau mereka baru mendapatkan tanda terdaftar saja itu yang harus diklarifikasi,” tuturnya.
“Saya pikir idealnya harus ada semacam timeframe untuk Bappebti kepada calon pedagang, kalo mereka tidak menjalankan prosedural, sudah dikasih nih tanda terdaftar, tetapi tidak jualan misalnya setahun, mungkin itu bisa di-review kembali tanda terdaftarnya,” pungkas Manda.
Masuk Bulan April, Market Kripto Kehabisan Bensin untuk Bull Run?
Memasuki bulan April 2022, pasar kripto mulai terlihat tanda-tanda terjerembab. Apakah ini tanda bahwa market sudah kehabisan bensin untuk terus bull run? Padahal selama delapan hari berturut-turut 10 aset kripto berkapitalisasi besar duduk nyaman di zona hijau.
Tapi, terpantau harga Bitcoin (BTC) sudah jatuh, setelah pada awal pekan ini nilainya melewati $ 48.000. Bitcoin diperdagangkan pada $ 44.717 pada saat berita ini dimuat, turun 5,27% pada Jumat (1/4/2022) pukul 10.00 WIB.
Sejumlah altcoin terkemuka bahkan bernasib lebih buruk dan menunjukkan investor sudah mulai kehilangan minat terhadap aset kripto tersebut. Misalnya, memecoin DOGE dan SHIB baru-baru ini turun masing-masing sekitar 3% dan 4,5%.
Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, melihat kini pasar kripto tengah mengalami konsolidasi, pasca reli kencang selama dua pekan terakhir. Menurutnya, situasi ini bisa berarti positif karena menjaga stabilitas market ke depan.
“konsolidasi tersebut sejatinya positif bagi pasar kripto, karena bisa menjaga stabilitas market dan membangun dasar baru bagi investor untuk menemukan titik-titik harga baru ke depan untuk beberapa aset kripto,” jelas Afid.
Selain itu, tekanan juga datang dari memburuknya angka inflasi dan pemungutan suara oleh Uni Eropa tentang undang-undang kripto yang dipandang industri tidak menguntungkan. komunitas kripto menganggap bahwa langkah tersebut dapat menghambat inovasi dan melanggar aspek privasi pelaku transaksi kripto.
“Olengnya pasar kripto juga pas terjadi setelah Biro Analisis Ekonomi Departemen Ketenagakerjaan AS merilis data inflasi AS versi PCE pada Kamis (31/3/2022) kemarin. Beberapa trader kripto memang bereaksi keras terhadap data inflasi, karena terkadang melakukan aksi jual atau cut loss setelah indikator ekonomi dirilis,” ungkap Afid.
Meski saat ini adopsi aset kripto sudah mulai marak di beberapa institusi yang diharapkan bisa menjaga stabilitas market, namun rupanya belum berpengaruh besar. Afid melihat, adopsi kripto butuh waktu untuk mendorong stabilitas jangka panjang.
Tokocrypto Berhasil Raih Berbagai Penghargaan di Bulan Maret 2022, Apa Saja?
Tidak terasa bulan Maret telah berlalu, sebelum membuka lembaran baru, tidak salahnya merekap pencapaian Tokocrypto yang berhasil mendapatkan empat penghargaan dari berbagai ajang.
Tokocrypto Raih Penghargaan Gold Champion WOW Brand 2022
Di pekan keempat Maret 2022, Tokocrypto berhasil meraih penghargaan WOW Brand 2022 untuk kategori aplikasi investasi terbaik di Indonesia. Penghargaan diberikan pada acara WOW Brand Festive Day 2022 yang berlangsung secara online, Rabu (23/03).
Tokocrypto menyabet penghargaan WOW Brand 2022 dengan peringkat Gold Champion sebagai aplikasi investasi terbaik. WOW Brand adalah ajang perhargaan bagi brand atau merek perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya berdasarkan hasil survei. Penghargaan ini dibuat oleh MarkPlus Inc., salah satu perusahaan pemasaran terkemuka di Indonesia.
Dalam menentukan pemenang penghargaan WOW Brand 2022, MarkPlus Inc. melakukan WOW Brand Survey nasional pada periode Januari hingga Februari 2022. Survei dilakukan secara online diikuti 4.000 responden yang mewakili Jabotabek, Jateng dan DIY, Jabar dan Banten, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Papua, dan Bali, NTB, hingga NTT.
Survei dilakukan di 100 kategori industri yang berbeda. Ada lima aspek yang dilihat pada riset tersebut yang mengacu pada 5A, yaitu awareness, appealing, asking, act, dan advocate. Kelima aspek tersebut kemudian diukur menggunakan metode Brand Advocacy Ratio (BAR), untuk melihat bagaimana brand dapat mengubah awareness menjadi advocate. Penghargaan WOW Brand sendiri sudah ada sejak tahun 2013.
Tokocrypto Raih Gold Winner Marketeers Youth Choice Award 2022
Tokocrypto meraih predikat Gold Winner di penghargaan Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2022 untuk kategori platform aset kripto. Apresiasi tersebut diberikan atas keberhasilan Tokocrypto menjadikan platformnya tempat yang aman dan nyaman untuk kalangan Generasi Z memulai investasi aset kripto.
Penghargaan ini didapat oleh Tokocrypto dalam acara Marketeers XFEST 2022 yang digelar secara virtual pada Sabtu (26/3). Ini merupakan penghargaan tertinggi bagi merek atau brand yang mendapat perhatian dan apresiasi positif dari kalangan Generasi Z.
“Kami senang bisa mendapatkan predikat Gold Winner dalam penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2022. Hal ini sejalan dengan visi misi Tokocrypto untuk menjadikan platformnya, tempat investasi aset kripto yang aman dan nyaman untuk semua golongan, termasuk generasi Z,” kata VP Marketing Tokocrypto, Adytia Raflein.
Penghargaan Marketeers YCA 2022 dilakukan berdasarkan online voting yang berlangsung pada periode 4 Januari hingga 28 Februari 2022. Voting melibatkan lebih dari 1.500 mahasiswa, yang sudah pasti adalah Gen Z, dari lebih 35 kampus ternama di berbagai kota Indonesia.
Kampus-kampus tersebut tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Malang, Surabaya, dan lainnya. Kota-kota yang memang menjadi tujuan belajar generasi Z.
Tokocrypto sendiri terus mengalami pertumbuhan signifikan dalam kurung waktu dua tahun belakangan ini. Per Februari 2022, Tokocrypto mencatat ada lebih dari 2,5 juta investor dengan rata-rata transaksi per minggunya $ 300-400 juta.
Sementara, pada akhir 2021, Tokocrypto mencatatkan lebih dari 2 juta pengguna terdaftar, naik 8x lipat dari 250.000 pengguna di 2020. Di samping itu, nilai perdagangan harian aset kripto tumbuh 754% dan telah mencapai lebih dari $ 191 juta dari tahun sebelumnya yang hanya $ 2,5 juta.
Mayoritas investor aset kripto di Tokocrypto secara keseluruhan 66% investor aset kripto di Indonesia berusia 18-34 tahun dengan rincian 35% (18-24 tahun) dan 31% (25-34 tahun).
Tokocrypto Raih Dua Penghargaan dalam Ajang Digital Innovation Award 2022
Tokocrypto meraih dua penghargaan dalam ajang Digital Innovation Award (DIA) 2022 yang diselenggarakan oleh MNC Portal Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan pada Kamis (31/3/2022).
Dua penghargaan yang berhasil diraih oleh Tokocrypto adalah kategori Digital Innovation for Disaster Risk Reduction untuk TokoCare dan Digital Innovation for Creative Industries untuk TokoMall. Penghargaan ini diharapkan bisa memberikan energi dan motivasi untuk terus tumbuh dan berkarya.
“Suatu kehormatan bagi TokoCare bisa meraih penghargaan Digital Innovation for Disaster Risk Reduction. Penghargaan ini menjadi pendorong semangat kami untuk #SiapLebih dalam menjalankan berbagai program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. TokoCare sendiri merupakan inisiatif dari Tokocrypto dalam ranah CSR yang mengusung KolaborAKSI (berkolaborasi dan beraksi). Melalui TokoCare, Tokocrypto menjalankan berbagai program CSR bersama dengan mitra untuk menanggulangi isu sosial,” kata VP Corporate Communications Tokocrypto, Rieka Handayani.
Sementara itu, Head of TokoMall, Thelvia Vennieta, mengatakan penghargaan ‘Digital Innovation for Creative Industries’ dari DIA Award 2022 yang diterima TokoMall di tahun ini memberikan semangat baru dalam melanjutkan misi besar pemberdayaan potensi kreator lokal di Indonesia dalam berbagai bidang kreatif untuk mengakses pasar global melalui pemanfaatan NFT.
“TokoMall ingin menjadi tempat atau media seniman atau konten kreator melahirkan karya terbaik mereka dalam bentuk NFT. Seperti diketahui, NFT saat ini bisa menciptakan pemerataan ekonomi secara digital bagi seniman hingga konten kreator di Indonesia. Mereka bisa mendapatkan sumber pemasukan yang baru dan hak kekayaan intelektual yang terjamin,” jelasnya.
(Red)