Beranda Uncategorized Jumlah Muzakki Hanya 4 Juta dari 200 Juta Umat Islam di Indonesia,...

Jumlah Muzakki Hanya 4 Juta dari 200 Juta Umat Islam di Indonesia, Wapres: Masih Sedikit

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin meminta Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) membuat inovasi, terobosan, dan inisiatif untuk memperbanyak orang yang membayar zakat (muzakki).

Jumlah muzakki saat ini, kata Wapres, masih terbilang sedikit, sekitar 4 juta orang dari total umat Islam yang berjumlah 200 juta orang lebih.

“Untuk mendistribusikan zakat kepada orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) bukanlah hal yang sulit. Terdapat dua sasaran dalam mendistribusikan zakat. Pertama yang sifatnya konsumtif pada orang-orang yang sangat fakir. Dan, kedua adalah pemberdayaan, agar mengubah penerima zakat menjadi pemberi zakat,” dikutip dari media sosial resminya, Senin (8/2/2021).

Menurut Wapres, permasalahan yang sangat penting adalah bagaimana proses pengambilan dana zakat secara efektif, karena hal itu menjadi bagian dari ekosistem pembangunan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

“Saya meminta kita semua, terutama para jajaran pengurus Baznas dapat bekerja dengan cepat, tepat, manfaat. Memiliki target menaikkan zakat dengan angka yang signifikan untuk hasil kerja yang lebih produktif,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini