Beranda Uncategorized Jumlah Data DPT Pemilu 2019 Kota Cilegon Menyusut 1.677 Pemilih

Jumlah Data DPT Pemilu 2019 Kota Cilegon Menyusut 1.677 Pemilih

Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP.2) Tingkat Kota Cilegon 2019 di Bintang Laguna, Senin (10/12/2018)

CILEGON – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 Kota Cilegon mengalami penyusutan sebanyak 1.677. Diketahui data DPT sebelumnya tercatat sebanyak 292.248. Setelah dilakukan pencermatan berubah menjadi 290.571.

Itu terungkap saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP.2) Tingkat Kota Cilegon 2019 di Bintang Laguna, Senin (10/12/2018).

Komisioner Bidang Data, Perencanaan dan Informasi KPU Kota Cilegon, Mulya Mansur mengatakan banyak faktor yang menyebabkan jumlah DPT Pemilu 2019 di Cilegon mengalami penyusutan yakni diantaranya terkoreksinya jumlah pemilih ganda dan banyaknya pemilih yang meninggal dunia.

“Dari DPT yang ditetapkan pada November 2018 mengalami penyusutan. Setelah dilakukan pencermatan tahap kedua dan ditetap 10 Desember 2018 ini terkoreksi sebanyak 1.677. Ini karena adanya data ganda dan warga yang meninggal dunia,” ujarnya usai Rapat Pleno.

Dia menyatakan bahwa banyaknya data DPT yang terkoreksi itu merupakan hasil kerja keras semua pihak yang bekerja sungguh-sungguh. Sehingga bisa terkoreksi dengan baik.

“Ini adalah hasil kerja keras PPK dan PPS yang bekerja sama dengan RT/RW, Dukcapil dan semua pihak yang bekerja sungguh-sungguh, bekerja dengan penuh waktu dalam rangka pencermatan dengan data yang harus dikerjakan,” katanya.

Dia berharap data DPT yang telah diplenokan tak ada lagi perubahan.
“Mudah-mudahan ini final, tidak ada perubahan data lagi, baik di Cilegon maupun di tingkat Provinsi Banten,” katanya.

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi menambahkan, pihaknya bersyukur DPT Pemilu 2019 bisa diplenokan. Sehingga data tersebut diharapkan bisa menjadi dasar bagi kelengkapan Logistik Pemilu 2019, seperti surat suara, bilik suara dan lain sebagainya.

“Kita berharap data ini final dan tak ada perubahan lagi. Dari Bawaslu juga tidak ada rekomendasi soal DPT ini,” katanya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ