Beranda Bisnis Jumlah Agen BRILink Melonjak

Jumlah Agen BRILink Melonjak

Agen BRILink. (IST)

JAKARTA – Agen BRILink jadi salah satu ujung tombak PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dalam layanan ultra mikro (UMi). Alasannya karena agen BRILink lebih mudah menjangkau nasabah di segmen ultra mikro dan mikro.

Per September 2023, jumlah agen BRILink sudah mencapai 698.700 agen. Jumlah ini melesat 17,0% dibandingkan di periode yang sama setahun sebelumnya.

Sementara nilai transaksi di September 2023 mencapai Rp1,16 kuadriliun. Di periode yang sama setahun sebelumnya, nilai transaksi di agen BRILink baru mencapai Rp 963 triliun.

Agen BRILink juga menyumbang dana murah cukup besar bagi BRI. Nilai current account saving account (CASA) dari agen BRILink di September 2023 mencapai Rp 20,5 triliun, naik 9,1% secara tahunan.

Bersamaan dengan itu, nilai referral pinjaman melesat tajam. Per September 2023, jumlahnya mencapai 2,16 juta, melesat 258,6% dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

Salah satu agen BRILink asal Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengatakan, banyak nasabah yang ia layani melakukan transaksi dengan jumlah terbilang kecil. Transaksi yang banyak dilakukan nasabah adalah tarik tunai, setor tunai hingga pembayaran cicilan.

Sugiharti juga melayani referral atau rekomendasi permohonan kredit mikro serta asuransi mikro bila ada nasabah yang berminat.

Tidak hanya menambah pundi-pundi penghasilan, Sugiharti merasa banyak mendapat ilmu baru mengenai keuangan BRI.

Hal ini karena setiap tiga bulan sekali BRI rutin memberikan pelatihan kepada para Agen BRILink, termasuk memberikan sosialisasi mengenai program-program BRI. (Red/

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini