Beranda Pemerintahan Jumat, Pelantikan Kepala Daerah Serang dan Cilegon Digelar di Pendopo Gubernur Banten

Jumat, Pelantikan Kepala Daerah Serang dan Cilegon Digelar di Pendopo Gubernur Banten

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (PemKesra) Setda Pemprov Banten, Gunawan Rusminto memastikan pelantikan dua kepala daerah (Kepda) untuk Kabupaten Serang dan Kota Cilegon tetap dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang.

Diketahui, pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang dan Walikota-Wakil Walikota Cilegon akan dilaksanakan pada Jumat (26/2/2021) mendatang.

Dikatakan Gunawan, meski pelantikan dilakukan secara tatap muka, tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.





“Tetap pakai Prokes. Keluarga (kepala daerah) juga dibatasi. Hanya lima orang,” kata Gunawan, Selasa (23/2/2021).

Bagi pendukung kedua pasangan kepala daerah yang ingin menyaksikan prosesi pelantikan, lanjut Gunawan, akan menggunakan metode virtual. Untuk teknisnya diserahkan pada kabupaten/kota masing-masing.

“Misalkan pejabat Kota Cilegon bisa menyaksikan pelantikan di DPRD Kota Cilegon. Sama juga untuk Kabupaten Serang,” katanya.

Untuk pelantikan Bupati-Wakil Bupati Pandeglang dan Walikota-Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Gunawan mengaku, masih menunggu hasil penetapan dari KPU kabupaten/kota.

“Tinggal kecepatan daerah saja. Penetapan lalu diparipurnakan istimewa lalu diserahkan ke kami (Pemprov Banten) baru lanjut ke pusat (Kementerian Dalam Negeri) untuk dibuatkan SK (Surat Keputusan). Yang jelas pelantikan dua kepala daerah itu (akan) dilakukan secara bersamaan. Sama seperti Kabupaten Serang dan Cilegon,” jelasnya.

Sementara Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) mengatakan kaitan waktu pelantikan Bupati Serang dan Walikota Cilegon pada hari itu tergantung pada SK Mendagri.

“Masalahnya kita nunggu SK dari Mendagri. Kalau ada SK datang pagi, sore saya lantik. Kalau sore datang (SK) malam itu juga saya lantik. Ngga susah kok, ngga ada masalah,” kata WH.

(Mir/Red)