Beranda Advertorial Jumanting, Cara DKBPPPA Kabupaten Serang Turunkan Stunting

Jumanting, Cara DKBPPPA Kabupaten Serang Turunkan Stunting

KAB. SERANG – Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Serang menggelar Jumat Berkah Atasi Stunting atau yang disebut Jumanting. Kegiatan ini merupakan suatu terobosan untuk menangani serta mencegah kasus stunting yang saat ini memang jadi salah satu prioritas pemerintah daerah.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit mengatakan gerakan Jumanting difokuskan di 10 desa yang menjadi lokus penanganan dan pencegahan stunting, diantaranya di Desa Mongpok Kecamatan Cikeusal, Desa Ciruas Kecamatan Ciruas, Desa Pasir Waru Kecamatan Mancak, Desa Kedung Soka Kecamatan Puloampel dan di Desa Puser Kecamatan Tirtayasa.

Pada Jumanting, pihak DKBPPPA berperan memberikan advokasi dan komunikasi ke masyarakat yang berisiko terkena stunting.

“Tujuan Jumanting tentunya melakukan sosialisasi terkait apa stunting, pencegahan, langkah-langkah upaya terkait stunting, sosialisasi terkait dapur sehat atasi stunting (Dashat),” ujar Tarkul kepada BantenNews.co.id Jumat (11/11/2022).

Tarkul menambahkan dalam kegiatan Jumanting, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan di desa.

“Kita juga melakukan koordinasi dengan camat dan kepala desa (kades) memastikan apakah desa sudah membuat perencanaan penganggaran untuk penanganan stunting,” kata Tarkul.

Tarkul berharap dengan adanya kegiatan Jumanting dapat menurunkan kasus stunting serta mencegah terjadinya stunting. Stunting sendiri dinilai dapat berdampak serius yang tak hanya pada perkembangan fisik tetapi juga akan mempengaruhi perkembangan otak, mental serta emosional. Anak-anak yang menderita stunting berisiko lebih besar menderita penyakit menular dan tidak menular. Maka dari itu pemberian gizi yang baik dan cukup merupakan menjadi hal penting yang mendasari untuk mencegah stunting.

“Insya Allah stunting semakin turun dengan pencegahan ini,” ucap Tarkul.

Pelaksanaan Jumanting dilakukan sejak sekitar Agustus 2022 dan terakhir digelar di Desa Puser, Kecamatan Tirtayasa pada 11 November 2022.
(ADV)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini