Beranda Kesehatan Jomblo Lebih Mematikan Dibanding Obesitas

Jomblo Lebih Mematikan Dibanding Obesitas

(Sumber foto: lifehacker.com)

Jakarta – Jomblo bisa menyebabkan kamatian ternyata bukan isapan jempol. Para ahli menyatakan bahwa kesepian yang dirasakan seseorang akan lebih berbahaya dan mematikan dibanding obesitas.

Tinjauan studi tentang kesepian mengatakan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang buruk memiliki risiko sampai 50 persen kematian dini dibandingkan mereka yang memiliki hubungan sosial yang baik.

Peneliti dari Amerika Serikat tersebut menemukan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko kematian seseorang hingga 50 persen. Risiko itu lebih besar dibandingkan penyakit obesitas yang hanya meningkatkan risiko kematian 30 persen.

“Menjalin hubungan dengan orang lain secara sosial secara luas dianggap sebagai kebutuhan dasar manusia, yang penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup,” ujar dr Julianne Holt Lunstand, profesor psikologi dari University Brigham Young, seperti dikutip dari New York Post.

Merasa kesepian dianggap membuat orang merasa buruk mental dan fisik. Sebuah survey terbaru oleh Granset, situs jejaring sosial menemukan bahwa tiga perempat dari orang tua di inggris merasa kesepian. Kebanyakan dari mereka tidak pernah berbicara dengan seseorang tentang perasaan yang dialami.

“Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian secara signifikan meningkatkan risiko kematian dini, dan besarnya risiko lebih besar dari indikator kesehatan lainya,” jelas Lunstand. (detickom)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini