Beranda Teknologi Jokowi: Ruang Digital Harus Diisi Konten-konten Positif

Jokowi: Ruang Digital Harus Diisi Konten-konten Positif

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk melek teknologi dan menguasai ruang digital. Jokowi menyebut, kecakapan digital masyarakat harus terus ditingkatkan.

Jokowi menuturkan, ruang digital Indonesia saat ini sangat lah besar. Akan tetapi, banyak digunakan untuk hal-hal negatif yang membahayakan.

Mantan Walikota Solo ini menyampaikan, konten-konten negatif seperti hoaks, penipuan, ujaran kebencian, radikalisme, hingga eksploitasi seksual masih ditemukan. Sehingga menurut Jokowi jadi tanggung jawab bersama untuk mengawal ruang digital.

“Tugas kita bersama untuk memenuhi ruang digital dengan konten positif, yang kreatif, mendidik, menyejukkan, dan menyerukan perdamaian,” ucap Jokowi melalui Instagramnya, Jumat (23/12/2022).

Menurut data BPS dari hasil pendataan Survei Susenas 2021, 62,10 persen populasi Indonesia telah mengakses internet di tahun 2021. Angka yang cukup tinggi dalam membangun ruang-ruang digital yang harus dikontrol.

Dalam analisisnya, tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia tidak terlepas dari pesatnya perkembangan telepon seluler. Pada tahun 2021 tercatat 90,54 persen rumah tangga di Indonesia telah memiliki/menguasai minimal satu nomor telepon Seluler. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kondisi tahun 2018 yang mencapai 88,46 persen.

(Red)
 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini