Beranda Pemerintahan Jokowi Resmikan Terminal Pakupatan Kota Serang

Jokowi Resmikan Terminal Pakupatan Kota Serang

Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Pakupatan. (Ade/bantennews)

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Pakupatan di Kota Serang, Banten, Senin (8/1/2024). Terminal tipe A ini memiliki luas lahan sekitar 30.500 meter persegi dan melayani rata-rata 400 bus atau sekira 1.500-2000 penumpang per hari.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa revitalisasi Terminal Pakupatan merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik. Terminal ini kini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti area pengendapan bus, jalur kedatangan dan keberangkatan bus, ruang tunggu penumpang, kantor pengelola, dan area komersial.

“Terminal ini sudah indah dan sangat modern. Supaya menciptakan pelayanan yang nyaman di Kota Serang ini.Terminal Pakupatan merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong penggunaan transportasi massal. Dengan fasilitas yang lebih modern, diharapkan terminal ini dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat ,” ujar Jokowi.

Sementara itu Kepala Terminal Pakupatan Kota Serang, Waluyo Dyanto mengatakan pembangunan Terminal Pakupatan dimulai pada tahun 2022 dengan anggaran kurang lebih sebesar Rp30 miliar. Revitalisasi terminal ini dilakukan dengan mengusung konsep mixed use.

“Mixed use yaitu sebuah konsep terminal modern multifungsi yang menggabungkan fungsi sebagai tempat naik turun penumpang bus, fungsi sebagai penggerak perekonomian daerah, dan fungsi sebagai pusat kegiatan sosial, seni, dan budaya,” ujarnya.

Selain peresmian Terminal Pakupatan, Jokowi juga mengunjungi beberapa tempat lain di Banten dalam rangkaian kunjungan kerja hari ini. Di antaranya, Jokowi meninjau kegiatan dana desa di Desa Margagiri, Kabupaten Serang, penyerahan bantuan pangan beras cadangan pangan pemerintah kepada KPM di Gudang Bulog Umbul Tengah, Kabupaten Serang, meninjau pabrik di Cikande, Kabupaten Serang, meninjau Pasar Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, meresmikan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, dan meninjau Jembatan Cisadane di Kota Tangerang. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini