Beranda Nasional Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Suku Baduy asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/8/2021) - Foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Suku Baduy asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/8/2021). Jokowi tiba di depan Gedung Nusantara sekitar pukul 08.05 WIB.

Kedatangan Jokowi langsung disambut Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani yang tampak mengenakan baju adat Payas Agung Bali, dan Ketua DPR La Nyalla yang sudah hadir lebih dahulu.

Jokowi juga bersama jajaran pejabat negara lainnya melakukan sesi foto bersama sebelum acara dimulai.

Presiden Jokowi diagendakan menyambangi Kompleks Parlemen pada hari ini. Kedatangan Jokowi ialah dalam rangka menghadiiri Sidang Tahunan MPR.

Jokowi dijadwalkan memberikan pidato dalam rangkaian agenda Sidang Tahunan. Berkaitan dengan acara tersebut, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar memastikan bahwa pengamanan yang dilakukan sudah maksimal.

Kendati kehadiran fisik di Kompleks Parlemen dibatasi hanya 60 orang, tetapi pengamanan yang diterapkan karena kehadiran presiden itu dilakukan semaksimal mungkin.

“Untuk keamanan sebenarnya nggak jauh beda, yaitu gunakan keamanan maksimal, sama seperti tahun lalu,” ujar Indra, Minggu (15/8/2021) melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id)

Hanya saja, memang untuk tampak fisik keamanan dibuat tidak mencolok seperti tahun sebelumnya. Namun ia enggan menyebutkan rinci berapa jumlah pengamanan yang dikerahkan.

“Saya pastikan keamanan akan lebih tidak kelihatan tapi akan maksimal,” ucap Indra.

Sementara itu, terkait kehadiran yang dibatasi hanya 60 orang di dalam ruang sidang, Indra mengatakan pelaksanaan sidang tahunan kali ini memang dibuat minimalis dengan pembatasan kehadiran. Mengingat situasi saat ini masih di tengah pandemi, di mana kebijakan PPKM berskala lebel masih diterapkan.

Adapun mereka yang hadir di dalam ruang rapat dipastikn sudah melakukan tes swab PCR dengan hasil negatif. Sementara untuk yang berada di area Kompleks Parlemen diwajibakan swab antigen.

“Untuk virtual ada dua, yaitu gunakan virtual gunakan akses dan melalui streaming yang jumlahnya keseluruahan 1.500. Virtual akses ada seribuan, streaming lebih dari 500 karena di daerah ada kepala daerah diundang ya,” ujar Indra.

Adapun Sidang Tahunan MPR berdasarkan jadwal akan dimulai pukul 08.30 WIB yang didahulukan dengan kehadiran Presiden dan Wakil Presiden di ruang sidang. Sidang Tahunan itupun diperkirakan selesai pada pukul 12.00 WIB.

Jokowi sendiri diagendkan menyampaikan dua pidato presiden. Pidato pertama disampaikan dalam sesi Sidang Tahunan MPR, yakni Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Sedangkan pidato kedua disampaikan dalam pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022. Jokowi akan menyampaikan pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini