Beranda Nasional Jokowi Ingatkan Hati-hati Gunakan Dana Desa

Jokowi Ingatkan Hati-hati Gunakan Dana Desa

Presiden Joko Widodo - foto istimewa kompas.com

MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak untuk berhati-hati dalam menggunakan dana desa yang disebutnya mencapai Rp 187 triliun. Menurut Jokowi, jumlah tersebut sangat besar.

“Sampai saat ini dan yang akan kita kucurkan Rp 187 triliun. Hati hati ini uang yang sangat besar. Uang yang besar sekali,” kata Jokowi saat menghadiri acara Jambore Desa di gedung Wisma Negara, di Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Sabtu (22/12/2108) yang dikutip Detik.com.

“Saya titip hati-hati dalam penggunaan. ini betul betul fokus, tepat sararan dalam penggunaan dana desa,” sambungnya.

Angka itu disebut Jokowi telah dikucurkan pemerintah sejak 2015 hingga 2019 nanti. Dia meminta anggaran tersebut digunakan untuk belanja barang keperluan membangun infrastruktur desa seperti jembatan.

“Saya titip terutama dalam penggunaan dana desa diarahkan dalam pembelian barang,” ujarnya.

Pembelian barang dengan dana desa itu, menurut Jokowi, harus dilakukan di desa atau daerah sekitar tersebut. Tujuannya agar dana desa tak kembali lagi ke kota.

“Selalu membeli di lingkungan desa. Buat jembatan, batu beli di desa itu, kalau nggak ada beli di lingkungan dekat desa tapi jangan keluar dari situ. Saya ingatkan nilainya Rp 187 triliun jangan sampai kembali ke kota dan Jakarta. Artinya uang yang ada di desa semakin banyak,” ucap Jokowi.

Dalam acara ini, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana. Tampak juga Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang ikut mendampingi Jokowi di acara ini. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini