Beranda Nasional Jokowi: Inflasi Indonesia Masih Lebih Baik Ketimbang Negara Lain

Jokowi: Inflasi Indonesia Masih Lebih Baik Ketimbang Negara Lain

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa situasi global yang tidak mudah kini mendorong inflasi yang jadi momok di semua negara. Menurut Presiden, inflasi Indonesia per Juli 2022 berada pada angka 4,94 persen (year on year).

“Memang masih lebih baik dibandingkan beberapa negara lain seperti Turki yang inflasinya mencapai 79 persen, Uni Eropa 8,9 persen, atau Amerika Serikat yang 8,5 persen. Tapi angka inflasi Indonesia pada 4,94 persen itu adalah karena besarnya subsidi untuk energi dari APBN yang mencapai Rp502 triliun,” ujar Jokowi dikutip melalui media sosial resminya, Jumat (19/8/2022).

Kata Presiden, Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti Pertalite, Pertamax, solar, elpiji, listrik itu bukan harga yang sebenarnya.

“Bukan harga keekonomian, melainkan harga yang disubsidi oleh pemerintah tadi. Apakah APBN akan kuat terus-menerus mensubsidi? Nanti akan dihitung oleh Menteri Keuangan,” ucapnya.

“Terkait inflasi tersebut, hari ini digelar Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2022 di Istana Negara. Saya meminta seluruh kepala daerah dapat bekerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) maupun Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP). Dengan begitu, pemerintah akan mampu mengendalikan inflasi hingga di bawah angka 3 persen,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini