Beranda Politik Jokowi Dinilai Bisa Rebut Suara Prabowo di Banten

Jokowi Dinilai Bisa Rebut Suara Prabowo di Banten

219
0
Presiden Joko Widodo - foto istimewa infopublik.id

SERANG – Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin kembali mendapatkan dukungan. Kali ini datang dari Tim Cakra 19 yang mendeklarasikan dukungannya untuk petahana.

Deklarasi Tim Cakra 19 ini dilakukan di basis dukungan di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Tim Cakra 19 adalah barisan pendukung yang berisi purnawirawan perwira TNI.

Sekretaris Jenderal Tim Cakra 19, Letjen (Purn) Eko Wiratmoko optimis wilayah Banten akan menjadi basis suara untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Alasannya, pemilih di Banten diprediksi akan mencoblos pemimpin yang sudah terbukti kinerjanya.

“Kita sudah memetakan, semoga ke depan ini akan di atas (presentasenya). Targetnya saya minta di atas 50 persen untuk dukungan ke Pak Jokowi-Ma’ruf,” kata Eko yang juga eks Pangdam V Brawijaya itu dalam keterangan resminya, Selasa (12/3/2019) malam.

Eko menambahkan, pemetaan mesti dilakukan untuk merebut suara pemilih di Banten. Dari data yang ia dapat, perolehan suara Jokowi dengan capres penantang, Prabowo Subianto di tanah jawara masih bersaing ketat.

Namun, untuk merebut suara di Banten memang perlu kerja keras. Hal ini mengingat di Pilpres 2014, suara Prabowo yang saat itu berduet dengan Hatta Rajasa mampu mengalahkan Jokowi-Jusuf Kalla.

Kendati demikian, ia yakin saat ini masyarakat Banten lebih rasional dengan melihat pemimpin yang sudah terbukti bekerja. Salah satu yang disinggungnya terkait pencapaian sektor infrastruktur era Jokowi.

“Saya yakin masyarakat Banten akan lebih objektif melihat calon pemimpin yang berpengalaman. Melihat kebijakannya, bagaimana dampak yang dirasakan, pembangunannya seperti apa. Itu semua akan jadi pertimbangan,” ujar Ketua Badan Kajian Strategis dan Intelijen DPP Golkar itu.

Ia mengklaim bila di era Jokowi, kinerja Jokowi sudah terasa di daerah termasuk Banten. Selama hampir 4,5 tahun ini, eks Gubernur DKI itu sudah berbuat banyak untuk perubahan di daerah.

“Hal itu bisa dicek hingga ke daerah-daerah, bahkan termasuk di Provinsi Banten ini. Semua bisa dirasakan. Prestasinya ada, sudah terbukti. Pengalamannya pun jelas, dari Wali Kota, Gubernur, hingga Presiden,” tuturnya dilansir VIVA.co.id.

Banten merupakan salah satu wilayah yang menjadi perebutan basis suara dua tim pendukung capres-cawapres. Di Pilpres 2014 lalu, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa mampu meraup 3.192.671 atau 57,10 persen. Sementara, duet Jokowi-Jusuf Kalla meraih 2.398.631 atau 42,90 persen. (Red)