Beranda Internasional Jokowi Bertemu Xi Jinping Hasilkan Tujuh Kesepakatan

Jokowi Bertemu Xi Jinping Hasilkan Tujuh Kesepakatan

Jokowi Bertemu Xi Jinping (Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Selasa (26/7/2022) menghasilkan sejumlah kesepakatan mulai dari kerja sama pembangunan hijau hingga penelitian vaksin.

Pertemuan digelar di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing. Baik Jokowi maupun Presiden Xi sama-sama didampingi oleh delegasi.Pada pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

“RRT adalah mitra strategis komprehensif Infonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” kata Jokowi.

Sementara itu, Presiden Xi menyebut kalau Jokowi menjadi kepala negara pertama yang diterimanya setelah penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Beijing. Presiden Xi menilai hal tersebut menjadi pertanda kedekatan Indonesia dengan China.

“Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak,” kata Presiden Xi dalam sambutan pengantarnya.

Adapun kesepakatan yang dimaksud ialah:

1. Pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative
2. MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika
3. MoU mengenai Pembangunan Hijau
4. Pengaturan Kerja sama Kelautan
5. Protokol mengenai ekspor nanas Indonesia
6. Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan
7. Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

(Red)