Beranda Pemerintahan Jokowi Akan Resmikan Bendungan Terbesar di Asia Tenggara

Jokowi Akan Resmikan Bendungan Terbesar di Asia Tenggara

Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bendungan ini akan menjadi bendungan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air, Airlangga Mardjono mengatakan bendungan tersebut ditargetkan selesai dan diresmikan pada November 2022.

Airlangga menyebut, Bendungan Semantok akan diresmikan langsung oleh Jokowi. Bendungan tersebut akan menjadi penyedia air baku dalam memperkuat ketahanan air dan pangan di Kabupaten Nganjuk.

“Saat ini Bendungan Semantok sudah impounding sejak tanggal 13 Juli lalu, namun masih ada pekerjaan finishing yang ditargetkan dapat selesai bulan November ini” tutur Airlangga saat ditemui pada Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI ke Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bendungan Semantok bisa menyediakan air baku sebesar 312 lt/detik. Volume tampung bendungan 32,67 juta m3 dan dapat memasok air untuk irigasi seluas 1.900 hektare. Serta dapat mereduksi banjur 30% di Kabupaten Nganjuk.

Diketahui, bendungan dibangun sejak Desember 2017. Pada pengerjaan Bendungan Semantok, pemerintah mengandalkan perusahaan-perusahaan BUMN.

(Ril/Red)