Beranda Internasional Jokowi akan Angkat Isu Perdagangan Manusia pada KTT ASEAN 2023

Jokowi akan Angkat Isu Perdagangan Manusia pada KTT ASEAN 2023

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

BANTEN – Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 yang digelar pada 10-11 Mei 2023. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, menjadi tempat dilangsungkannya acara tersebut.

Presiden Jokowi sudah tiba di Labuan Bajo sejak Minggu, 7 Mei 2023. Beliau berada di sana bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Bukan hanya untuk menghadiri KTT ASEAN 2023, sebagai tuan rumah, Jokowi juga meninjau langsung persiapan acara itu. Beliau mengunggah beberapa foto terkait persiapan tersebut di Instagram resmi miliknya, @jokowi.

Salah satu unggahan Jokowi di Instagram pada 8 Mei 2023 membahas tentang masalah perdagangan manusia. Sebelumnya, ada 20 WNI yang menjadi korban perdagangan manusia di Myanmar sejak April lalu.

Para korban terjebak dan upaya penyelamatan sulit dilakukan karena lokasinya berada di wilayah konflik. Namun, kini mereka berhasil diselamatkan.

Jokowi menceritakan bahwa banyak korban perdagangan manusia yang merupakan rakyat ASEAN. Mereka umumnya menjadi korban karena penipuan daring atau online scams.

Karena itulah Jokowi berniat mengangkat pembahasan perdagangan manusia pada KTT ASEAN 2023. Beliau berharap praktik perdagangan manusia bisa diakhiri.

“Indonesia akan mengusung isu pemberantasan perdagangan manusia untuk dibahas bersama. Kejahatan perdagangan manusia harus diberantas dari hulu sampai ke hilir,” tulis Jokowi pada caption. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini