Beranda Bisnis Job Fair Kota Serang 2019 Diharapkan Mampu Serap Angka Pengangguran

Job Fair Kota Serang 2019 Diharapkan Mampu Serap Angka Pengangguran

Ribuan pencari kerja berdesakan di acara Job Fair yang digelar Pemkot Serang. (Ade/bantennews)

SERANG – Walikota Serang Syafrudin meresmikan Job Fair Kota Serang Tahun 2019 di Alun-alun barat Kota Serang, Selasa (23/7/2019). Harapanya kegiatan rangkaian Hari Jadi Kota Serang Yang ke-12 ini mampu menyerap angka pengangguran di Kota Serang.

“Harapannya tentu pengguna tenaga kerja atau perusahaan dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sedangkan pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya,” ujarnya.

Kemudian, Walikota Serang menjelaskan Job Fair bertujuan mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dan perusahaan pengguna tenaga kerja. Sehingga ke depan mampu menyerap angkatan kerja sebanyak-banyaknya dan dapat menekan angka pengangguran di Kota Serang.

“Tujuan umum pembangunan bidang ketenagakerjaan di Kota Serang adalah membentuk iklim sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung produktifitas tenaga kerja sehingga dapat hidup layak, berkualitas, dan sejahtera. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan pembangunan bidang ketenagakerjaan adalah meningkatnya jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan,” ujarnya.

Namun, lanjut Syafrudin, upaya pencapaian tujuan tersebut tidaklah mudah, karena dengan adanya jumlah penduduk yang semakin besar, telah membawa akibat terhadap jumlah angkatan kerja yang semakin besar pula.

“Di sisi lain, ini berarti bahwa semakin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan yang akan menimbulkan masalah ketenagakerjaan, khususnya masalah penyediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Permasalahan mengenai kesempatan kerja ini menjadi semakin penting dan mendesak, karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat daripada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia,” ucapnya.

Sementara dalam laporannya, Kepala Disnakertrans Kota Serang Ahmad Benbela menyampaikan, kegiatan Job Fair Kota Serang 2019 diikuti oleh 35 perusahaan. “Ada 7.216 lowongan kerja yang tersedia, itu artinya sudah melebihi angka pengangguran tetap yang ada di Kota Serang. Mudah-mudahan putra-putri terbaik dari Kota Serang bisa diterima kerja melalui kegiatan Job Fair ini,” ujarnya.

Selain ribuan lowongan kerja, salah satu peserta dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) juga ikut serta dalam kegiatan tersebut dan membuka sebanyak 200 lowongan beasiswa untuk kuliah di berbagai jurusan yang ada di UMT.

Berdasarkan data yang tersaji di www.jobfairkotaserang.com, sebanyak 35 perusahaan mulai dari bank, hotel, finance, otomotif, ritel, distributor, bahkan universitas ikut ambil bagian di ajang pameran bursa kerja Kota Serang 2019 ini. (Dhe/Red)