Beranda Kesehatan JK Sebut Kasus Covid Diprediksi Meningkat Drastis Agustus 2020

JK Sebut Kasus Covid Diprediksi Meningkat Drastis Agustus 2020

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. (Foto: Ihya/Bantennews)

TANGSEL – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyebut penyebaran Covid-19 begitu cepat. Di bulan Agustus 2020, mantan Wakil Presiden dua periode itu menyebut, kemungkinan akan meningkat sebanyak 120 ribu kasus.

Hal itu dikatakan JK saat memberi bantuan alat penyemprotan mandiri untuk masjid se-Provinsi Banten, di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (20/7/2020).

Menurut JK, jika penanganan Covid-19 ini tidak serius dan tidak ada intervensi dari semua kalangan masyarakat, maka dimungkinkan jumlah tersebut akan tercapai.

JK memaparkan bahwa Indonesia ketika awal pandemi yakni pada Maret, butuh waktu 2 bulan untuk mencapai angka 10.000 kasus positif. Sekarang hanya butuh waktu 7 hari untuk bertambah 10 ribu kasus positif.

“Karena itu saya perkirakan akhir Juli ini akan mencapai angka 100 ribu dan pada bulan Agustus, nanti jumlah penderita Covid di Indonesia akan mencapai 120 ribu, kalau tidak ada intervensi yang keras dari kita semua,” terang JK.

Lebih lanjut dalam acara yang juga dihadiri Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany itu, JK menegaskan bahwa salah satu cara paling efektif untuk menghambat penularan wabah virus Corona adalah mengurangi pergerakan orang, selain upaya mematikan virus dengan cara melakukan penyemproran disinfektan.

“Tak ada cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus ini dengan mengurangi pergerakan. Mengenai caranya terserah pemerintah daerah masing-masing. Dan tentunya PMI tetap membantu dengan melakukan penyemprotan disinfektan karena hanya itu cara mematikan virus tersebut,” tutupnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini