Beranda Olahraga Jepang dan Spanyol Melaju 16 Besar, Jerman Tersingkir

Jepang dan Spanyol Melaju 16 Besar, Jerman Tersingkir

Gelandang Timnas Jerman #07 Kai Havertz (tengah) terlihat sedih setelah Jerman tetrsingkir dari Piala Dunia 2022 meski menang 4-2 atas Kosta Rika dalam matchday ketiga atau terakhir Grup E di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 1 Desember 2022. (KARIM JAAFAR/AFP.)

BANTEN – Matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 berakhir dengan cara yang begitu dramatis. Empat tim sempat bergantian berada dalam posisi lolos ke 16 besar, sebelum Jepang dan Spanyol lah yang merebut dua tiket tersebut.

Pertandingan ketiga atau terakhir Grup E menyajikan duel Jepang vs Spanyol dan Kosta Rika menghadapi Jerman. Laga ini berlangsung serentak pada Jumat (2/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Spanyol yang cuma butuh hasil imbang untuk melaju ke fase gugur, secara mengejutkan dibikin pontang-panting oleh Jepang.

Keputusan pelatih Luis Enrique memainkan banyak pemain pelapis dalam laga ini terbukti menjadi bumerang lantaran mereka akhirnya kalah 1-2 dari wakil Asia tersebut.

Spanyol sempat unggul cepat dalam pertandingan ini. Alvaro Morata mencetak gol hanya 11 menit pertandingan berjalan usai memanfaatkan umpan Cesar Azpilicueta.

Namun di babak kedua, Jepang mampu bikin kejutan. Mereka mencetak dua gol cepat melalui Ritsu Doan (48′) dan Ao Tanaka (51′) untuk beralik unggul 2-1.

Pertahanan solid Jepang membuat skor itu tidak berubah. Tim asuhan Hajime Moriyasu pun menang 2-1 atas Spanyol dalam laga krusial ini.

Kemenangan ini membuat Jepang lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E usai mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan.

Sementara posisi kedua atau runner-up direbut Spanyol yang mengoleksi empat poin. Meski punya poin setara dengan Jerman, La Furia Roja berhak lolos karena unggul selisih gol dari Der Panzer.

Jerman sendiri berhasil menang atas Kosta Rika dalam pertandingan hidup mati Grup E lainnya. Der Panzer menghancurkan lawannya 4-2 kendati dalam prosesnya harus pontang-panting untuk mendapatkan tiga poin tersebut.

Jerman membuka keunggulan saat laga baru berjalan 10 menit melalui Serge Gnabry yang memanfaatkan umpan dari bek kiri David Raum.

Namun, Kosta Rika secara mengejutkan mampu membalikan keadaan di babak kedua melalui Yeltsin Tejeda pada menit ke-58 dan Juan Pablo Vargas di menit ke-70.

Jerman yang butuh kemenangan besar bereaksi dengan menyerang Kosta Rika bertubi-tubi. Mereka menyamakan kedudukan tiga menit berselang lewat Kai Havertz.

Di menit-menit akhir, tim asuhan Hansi Flick kian menggila. Havertz kembali mencatatkan namanya pada menit ke-85 untuk membawa Jerman berbalik unggul 3-2, sebelum Niclas Fullkrug menambah keunggulan Der Panzer menjadi 4-2 pada menit 90+1′.

Kendati menang besar, Jerman nyatanya gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka cuma finis ketiga di bawah Jepang dan Spanyol dengan koleksi empat poin.

Jumlah poin Jerman memang setara dengan Spanyol di akhir fase grup ini. Namun, mereka kalah selisih gol +1 berbanding +6 dengan La Furia Roja.

Hasil ini membuat Jerman mencatatkan rekor buruk. Sebelum gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, mereka juga mengalami hal yang sama pada edisi Piala Dunia empat tahun lalu. (Red)