Beranda Peristiwa Jembatan di Cimanggu Pandeglang Ambruk Diterjang Banjir Bandang

Jembatan di Cimanggu Pandeglang Ambruk Diterjang Banjir Bandang

Jembatan di Kampung Cegog Desa Rancapinang Kecamatan Cimanggu Ambruk usai dihantam banjir bandang

PANDEGLANG – Dua bangunan jembatan di Desa Rancapinang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang ambruk akibat dihantam banjir bandang. Akibatnya, aktivitas warga terganggu lantaran ambruknya jembatan tersebut.

Kedua jembatan tersebut yakni jembatan Cegog dan jembatan Airjeruk. Tidak hanya jembatan, banjir bandang juga menghancurkan kandang ayam milik warga serta tebing di bantaran sungai ikut abrasi.

Kepala Desa Rancapinang, Epan Kusmana mengungkapkan, hujan yang mengguyur sejak kemarin malam membuat debit air sungai meluap dan masuk ke pemukiman warga.

“Kejadiannya tadi pagi saat hujan deras yang terjadi semalaman. Selain jembatan dan gorong-gorong, satu unit kandang ayam warga juga runtuh,” kata Epan, Selasa (28/7/2022).

Akibat kejadian itu, warga yang akan melakukan aktivitas terpaksa harus turun ke sungai lantaran jembatan sudah tidak bisa dilalui kendaraan maupun pejalan kaki. Kades mengaku, untuk sementara jembatan tersebut dibiarkan sambil menunggu bantuan dari pemerintah.

“Ya, karena kondisi jembatan ambruk total sehingga sudah tidak bisa dilaluli lagi. Paling warga pejalan kaki jika ingin melintas harus ke bawah sungai, itupun jika air sungainya sedang kecil. Panjang jembatan sebelumnya itu mencapai 10 meter lebih jadi tidak mungkin dibuat jembatan alternatif, paling jika warga ingin melintas harus turun ke bawah sungai,” ujarnya.

Sementara itu,, Camat Cimanggu, Encum Sunayah membenarkan, jika di Desa Rancapinang telah terjadi bencana banjir bandang yang membuat sejumlah bangunan jembatan ambruk. Pihaknya pun sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

“Yang ambruk itu jembatan Cegog dan Erjeruk. Kondisi saat ini jembatan tidak bisa dilalui oleh warga, soalnya kerusakan jembatan akibat bencana itu cukup parah,” tambahnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini