Beranda Peristiwa Jembatan Cimancak Ambruk, Warga Lebak Seberangi Sungai dengan Perahu

Jembatan Cimancak Ambruk, Warga Lebak Seberangi Sungai dengan Perahu

Warga melintasi Sungai Cimadur dengan perahu. (IST)

LEBAK – Pasca ambruknya Jembatan Cimancak yang menghubungkan Desa Cimancak dan Desa Bayah Timur, Kabupaten Lebak, Banten, ratusan warga terpaksa harus menggunakan perahu karet yang disediakan oleh BPBD Provinsi Banten untuk menyeberangi sungai.

Sekretaris Desa Cimancak Bertika Nurwahyu mengatakan, saat ini sudah ada bantuan perahu untuk aktivitas warga saat menyeberangi sungai tersebut.

“Bantuan perahu tersebut yakni, dua perahu dari BPBD Provinsi Banten, satu perahu dari mahasiswa, dan satu perahu milik nelayan di Kecamatan Bayah,” kata Bertika saat dihubungi, Jumat (14/10/2022).

Ia menjelaskan, selain untuk membantu aktivitas warga, perahu tersebut juga digunakan untuk mengirim bantuan logistik kepada warga yang terkena banjir.

“Dengan keadaan sungai yang mulai surut, warga secara gotong royong bergantian menarik perahu menggunakan tali yang dibentangkan di atas Sungai Cimadur,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, jika warga Desa Cimancak sebenarnya tidak terisolir, soalnya masih ada akses jalan lainnya.

“Kalau terisolir itukan tidak ada lagi akses jalan lain, tapi untuk warga Desa Cimancak dan Desa Bayah Timur ini masih ada akses jalan lain, yakni melewati jalur Suwakan, cuma lebih jauh,” ucap Febby.

Ia berharap dengan adanya bantuan perahu tersebut bisa membantu aktivitas warga di dua desa.

“Semoga dengan bantuan perahu bisa membantu warga untuk menyeberang, sambil nunggu jembatan darurat dibangun,” katanya.

(San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ