Beranda Pemilu 2024 Jelang Tahun Politik, Masyarakat Diminta Tak Mudah Tersulut Emosi dan Gampang Diadu...

Jelang Tahun Politik, Masyarakat Diminta Tak Mudah Tersulut Emosi dan Gampang Diadu Domba

Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

SERANG – Menjelang tahun politik Pemilu 2024, masyarakat diminta untuk tak mudah tersulut dengan kabar hoaks. Bahkan warga juga harus bisa memilah informasi agar tak gampang diadu domba.

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan ketika menghadiri halal bi halal bersama Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Banten.

“Jangan mau diadu domba. Yang jelas kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dengan saling menghormati. Jangan gampang terprovokasi oleh politik, karena persaudaraan kita yang utama,” terang Zulhas melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Senin (22/5/2023).

Zulhas juga mengingatkan bahwa potensi hasutan menjelang Pemilu 2024 ini akan banyak ditemui. Maka dari itu ia mengingatkan juga bagi umat Islam untuk bertabayyun sebelum memutuskan atau mengambil langkah.

Apalagi di era teknologi saat ini yang banyak dimanfaatkan untuk menyebar ujaran kebencian dan juga berita miring dengan salah satu isu yang berkembang.

Di sisi lain, Ketua DPW LDII Banten Dimo Tomo Sumito mengatakan bahwa LDII berupaya membangun SDM yang berkualitas. Hal itu bertujuan untuk bisa bekerjasama dengan pihak legislatif termasuk juga eksekutif.

“LDII merupakan organisasi masyarakat yang fokus terhadap SDM, menyiapkan SDM yang profesional dan religius. Ini akan tepat jika digandeng dengan kementerian yang memiliki otoritas dalam membuat kebijakan,” sebut dia.

Berkaca di Pemilu 2019, banyak berita-berita yang mengarah untuk menjatuhkan salah satu pihak. Politik identitas juga menjadi sorotan saat itu.

Meski begitu, Pemilu 2024 ini diharapkan menghadirkan politik yang lebih baik. Termasuk money politic yang masih sering ditemui di tengah masyarakat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini