Beranda Bisnis Jelang Ramadhan, Sebagian Harga Bahan Pokok Merangkak Naik

Jelang Ramadhan, Sebagian Harga Bahan Pokok Merangkak Naik

Pasar Badak Pandeglang.

TANGSEL – Menjelang bulan suci Ramadhan, sebagian harga bahan pokok seperti telur, beras dan minyak mengalami kenaikan. Sementara untuk cabai rawit turun menjadi Rp76.650 per kilogram.

“Berdasarkan data primer yang diambil dari pasar langsung, untuk cabai besar mengalami penurunan. Harga saat ini Rp48.600 per kilogram,” ujar Kepala Dinas Ketehanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Yepi Suherman saat dikonfiemasi, Kamis (9/3/2023).

Dikatakan Yepi, ada beberapa pedagang cabai yang menjual dengan harga mencapai Rp.100 ribu. Hal itu dikarenakan bisa saja pedagang ambil margin beda, atau dari distributor yang menjualnya mahal.

“Atau bisa saja harga 100 itu harga nawarinnya yang masih bisa ditawar. Tapi patokan kami berdasarkan hasil sampel pedagang, harga cabai mengalami penurunan meski seribu perak yah,” kata Yepi.

Sementara untuk ketersediaan pangan sendiri menjelang ramadhan, kata dia, terbilang aman.

“Berdasar pantauan tanggal 7 Maret 2023, di 10 pasar di Kota Tangsel pasokan yang terlihat kurang adalah telur ayam dan minyak goreng. Namun untuk beras, daging ayam, daging sapi, jagung, kedelai, minyak goreng, cabe, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih masih aman,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini