Beranda Bisnis Jelang Ramadan, Harga Cabai di Serang Justru Turun

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Serang Justru Turun

Pedagang merapikan cabai di salah satu kios. - (Foto Mir/BantenNews.co.id)

KAB. SERANG – Jelang bulan Ramadan 2021, harga kebutuhan pokok seperti sayur mayur dan berbagai jenis cabai justru mengalami penurunan dari beberapa bulan sebelumnya.

Romli (24) yang merupakan salah satu pedagang sayur di Pasar Ciruas, Kecamatan Ciruas mengaku harga jenis cabai mengalami penurunan, sementara harga kentang justru naik.

“Harga cabai keriting turun dari yang tadinya bisa Rp80 ribu sekilo sekarang jadi Rp60 ribu sekilo. Cabai rawit juga turun, tadinya bisa Rp150 ribu sekarang Rp100 ribu sekilo. Yang naik itu malah kentang jadi sekitar Rp14.000 per kilogram,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Rabu (31/3/2021).

Dikatakan Romli, harga cabai bisa saja mengalami kenaikan hingga 30 persen saat menjelang 3 hari sebelum puasa Ramadan dan saat mendekati lebaran kenaikan harga bisa melambung tinggi dari harga kenaikan saat puasa Ramadan. Menurut Romli, kenaikan bisa saja dipengaruhi beberapa hal seperti banyaknya permintaan namun produksi cabai menurun akibat cuaca yang tidak menentu.

Sementara itu, kenaikan harga mulai terjadi pada pedagang daging sapi dan ayam potong. Harga daging sapi yang semula sekitar Rp115 ribu per kilogramnya menjadi Rp125 ribu per kilogram.

Kemudian, harga ayam potong yang semula berkisar Rp30.000 per kilogramnya, dalam seminggu terakhir mengalami kenaikan dari Rp35.000 hihgga Rp37.000 per kilogramnya.

Nurmatyas (50) pedagang ayam potong yang sudah berdagang sejak sekitar 1 tahun di Pasar Ciruas mengaku penjualannya menurun semenjak terjadi pandemi Covid-19.

“Harga ayamnya naik tapi penjualan menurun karena pandemi soalnya orang kan juga takut buat ke pasarnya. Harga naik juga dari pabriknya yang ada di Walantaka,” tuturnya.

Nurmatyas tidak hanya menjual ayam potong, ia juga menjual ceker ayam, ati ampela, usus, dan kepala ayam. Ia mengaku saat ini penjualannya yang paling laris justru usus dan ceker ayam.
(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini