Beranda Ramadan Jelang Ramadan, Begini Persiapan Menjaga Stamina dan Daya Tahan Tubuh Selama Berpuasa

Jelang Ramadan, Begini Persiapan Menjaga Stamina dan Daya Tahan Tubuh Selama Berpuasa

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Menjaga stamina dan daya tahan tubuh umumnya menjadi perhatian masyarakat saat akan menjalankan ibadah puasa yang sudah dalam waktu dekat. Tidak hanya mengubah pola makan dan pola tidur, tetapi jam biologis tubuh juga akan mengalami serangkaian perubahan baik secara fisik maupun mental saat kita berpuasa.

Dehidrasi dan lapar karena puasa, akan menyebabkan tubuh memperlambat metabolisme untuk mengurangi penggunaan energi se-efisien mungkin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kondisi tubuh selama puasa di bulan Ramadan, diantaranya memahami kebutuhan gizi nutrisi,” kata Nutrition Advisory Board (NAB) Herbalife Nutrition Indonesia, Dr. Rimbawan pada peluncuran Immunoturmeric di Jakarta.

Untuk memenuhi jumlah energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama bilan Ramadan, kata dr. Rimbawan, mengonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral, dan harus minum cukup air saat sahur dan berbuka menjadi hal yang perlu diutamakan.

Selain itu, tambahan suplemen juga bisa menjadi pilihan. Salah satunya ialah yang berbahan dasar kunyit yang sejak 600 SM telah dikenal sebagai herbal untuk pengobatan tradisional di India.

Kunyit memiliki nama umum turmeric atau nama ilmiah ‘curcuma longa’, di dalam kunyit mengandung bahan kimia berwarna kuning yang disebut kurkumin sering digunakan sebagai pewarna makanan kosmetik atau obat tradisional. Berbagai studi telah menyebutkan selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kunyit memiliki kandungan beragam nutrisi dari protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C dan zat besi. Kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini