Beranda Hukum Jelang Pilpres 2019, Kapolda Klaim Banten Kondusif

Jelang Pilpres 2019, Kapolda Klaim Banten Kondusif

Kapolda Banten Brigjend Pol Listyo Sigit Prabowo

SERANG – Kepala Kepolisian Daerah Banten (Kapolda) Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan situasi dan kondisi di Banten menjelang Pilpres 2019 masih kondusif. Hal itu disampaikan Kapolda di sela acara Sepeda Nusantara di Alun-alun Barat, Kota Serang, Minggu (12/8/2018).

“Secara umum situasi di Banten, walau ada persaingan secara umum masih kondusif. Masing-masing pihak dalam sisi yang saling menghormati,” kata Kapolda Banten.

Pihaknya berharap, masyarakat Banten yang sudah memiliki pengalaman pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017 dan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati di tahun 2018 akan menambah kedewasaan dalam berpolitik santun.

“Pada saat Pilpres saya percaya bahwa masyarakat Banten teruji dan cerdas. Terkait konstalasi (menjelang) Pilpres 2019 akan tetap bertahan aman,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda juga mengaku telah berkoordinasi dengan Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan. Kapolda telah melaporkan kondisi dan situasi di tengah masyarakat Banten yang kondusif.

“Beliau hanya ingin tau perkembangan wilayah dan situasi kita (di Banten). Saya sampaikan bahwa Banten kondusif. Isu sara ataupun hoax yang bisa memecah belah kesatuan, kita punya Satgas Nusantara. Tugas kita menjaga keatuan dari potensi yang dapat memecah belah bangsa kita,” jelasnya.

Selain itu, peran ulama, lanjut Kapolda akan sangat membantu dalam memberikan pemahaman dan pesan sejuk di tengah kondisi politik yang mulai memanas. (you/red)