Beranda Pemerintahan Jelang Pilkades Serentak, Camat Banjar Kunjungi Kandidat Kades

Jelang Pilkades Serentak, Camat Banjar Kunjungi Kandidat Kades

Doni Hermawan, Camat Banjar. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Camat dan sejumlah Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, mengunjungi para kandidat Calon Kades di Desa Citalahab. Kunjungan ini dilakukan untuk meredam konflik saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 15 Desember 2019 mendatang.

Camat Banjar, Doni Hermawan menuturkan, Pilkades di Desa Citalahab diikuti oleh lima kandidat. Oleh karena itu, ia ingin memastikan bahwa wilayah yang menyelenggarakan Pilkades dalam situasi yang kondusif.

“Kalau kekhawatiran tidak. Karena tidak akan terpengaruh dengan kondisi ini. Ini hanya silaturahmi saja kepada para calon untuk menjaga komunikasi dalam bermasyarakat,” kata Doni, (10/12/2019).

Ia menuturkan, tujuan kunjungan ini untuk merangkul semua calon kades yang ikut kontestasi sehingga ketika ada calon kades yang keluar sebagai pemenang bisa merangkul calon lain yang gagal tanpa menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Nanti ke depan ada yang menjadi Kades, ini bisa lagi dipererat antar calon,” tuturnya.

Meski demikian, dari kecamatan terus mengintensifkan pengawasan menjelang pemilihan. Patroli ke setiap basis calon terus ditingkatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena semakin dekat, konstelasi politiknya semakin memanas. Sehingga kita butuh banyak pemantauan terhadap calon maupun pendukungnya,” ungkapnya.

Senada diutarakan Kades Cibodas, Sartana. Dia menambahkan, kunjungan tersebut merupakan kegiatan silaturahmi sekaligus memberi dukungan kepada seluruh calon yang mengikuti kontestasi Pilkades di Desa Citalahab.

“Tadi kami hanya silaturahmi saja. Ini sudah menjadi kebiasaan karena kami guyub untuk memberi saran atau motivasi bagi setiap calon,” ujarnya.

Dia berharap, pelaksanaan Pilkades di desa tersebut nantinya dapat berjalan lancar tanpa ada keributan. Para calon yang gagal juga diingatkan untuk tetap menjaga kondusifitas dan hubungan baik dengan calon terpilih. Begitu pun sebaliknya.

“Sesudah kami kunjungi, mereka semua (kandidat) menerima. Kami doakan kondusif, jangan ada keributan,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini