Beranda Peristiwa Jelang Pileg 2019, FMPP Siap Edukasi Masyarakat Agar Paham Demokrasi

Jelang Pileg 2019, FMPP Siap Edukasi Masyarakat Agar Paham Demokrasi

434
0
Forum Masyarakat Peduli Pemilu (FMPP) menggelar seminar politik dan demokrasi

SERANG – Forum Masyarakat Peduli Pemilu (FMPP) menggelar seminar politik dan demokrasi di salah satu rumah makan di Kota Serang, Kamis(25/10/2018).

Dalam seminar yang bertema menjadikan ‘pemilih cerdas, bertanggungjawab dan berpartisipatif demi suksesnya pileg dan pilpres serentak yang aman, damai dan sejuk’ tersebut membentuk Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Banten.

Forum Masyarakat Peduli Pemilu (FMPP) menggelar seminar politik dan demokrasi

Inisiator JaDI Banten, Juri Ardiantoro menjelaskan JaDI merupakan organisasi perkumpulan yang didirikan oleh mantan penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu Republik Indonesia yang mempunyai spirit untuk memperkuat lembaga demokrasi.

Peran strategis yang akan dilakukan JaDI antara lain adalah melakukan diskusi tentang isu-isu aktual misalnya terkait pelaksanaan tahapan pemilu. Kendati demikian, lanjut Juri, kemungkinan menyampaikan saran dan masukan kepada penyelenggara pemilu di daerah.

“Tantangan saat ini tidak ringan. Banyak yang ingin merusak demokrasi di Indonesia. Saat ini Indonesia memasuki era dimana tindakan orang lebih mengedepannya emosional dibandingkan fakta,” ucapnya.

Forum Masyarakat Peduli Pemilu (FMPP) menggelar seminar politik dan demokrasi

Sementara itu Saeful Bahri, Ketua FMPP Banten menilai, seluruh elemen masyarakat yang memiliki hak pilihnya sangat penting untuk memberikan hak pilihnya, karena hal tersebut menentukan perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

Dalam seminar tersebut JaDi juga mengeluarkan petisi yang di dalamnya ada enam poin, diantaranya mendukung terselenggaranya pemilu serentak 2019 yang aman, damai dan sejuk; mempercayai KPU dan Bawaslu Banten dapat bekerja sesuai peraturan perundang-undangan dan menyerukan kepada peserta pemilu dan tim kampanye untuk menjaga dan menciptakan iklim yang sejuk kondusif dikalangan masyarakat sehingga terciptanya perdamaian dan persatuan dalam NKRI. (Dhe/Red)