Beranda Pariwisata Jelang Perayaan Nataru, 50 Persen Kamar Hotel di Pandeglang Sudah Dipesan Wisatawan

Jelang Perayaan Nataru, 50 Persen Kamar Hotel di Pandeglang Sudah Dipesan Wisatawan

Widiasmanto. (IST)

PANDEGLANG – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang mencatat sekitar 50 persen kamar hotel sudah dipesan wisatawan. Bahkan, mendekati perpindahan tahun diperkirakan semua kamar hotel bisa terisi penuh.

Ketua. PHRI Kabupaten Pandeglang, Widiasmanto mengatakan, dari awal Desember 2023 pesanan kamar untuk perayaan akhir tahun sudah mulai dirasakan oleh para pemilik hotel. Kata dia, puncak pemesanan kamar hotel diperkirakan akan terjadi di pertengahan bulan ini.

“Sampai saat ini yang sudah melakukan booking sekitar 50 persen, kami tetap optimis mendekati akhir tahun akan semakin banyak dan penuh. Semoga sesuai harapan kita semua aman, nyaman dan berdampak pada perputaran ekonomi daerah,” kata Widi saat dihubungi Bantennrws.co.id, Jumat (8/12/2023).

Ia meyakini, jika dibandingkan dengan tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan tahun ini akan lebih meningkat. Namun hal tersebut tetap harus diupayakan semaksimal mungkin oleh para pemilik hotel agar wisatawan mau datang berkunjung ditengah informasi aktifnya Gunung Anak Krakatau.

“Untuk tingkat hunian di periode liburan panjang akhir tahun ini kami tetap optimis bisa mencapai occupancy di angka 100 persen, ini artinya lebih bagus dibanding periode tahun lalu yang rata-rata di 80 persen. Namun kami tetap harus terus lakukan promosi karena memang tantangan kita di akhir-akhir ini seperti cuaca dan berita keaktifan Gunung Anak Krakatau,” terangnya.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemilik hotel agar wisatawan tidak membatalkan kunjungan mereka adalah dengan memberikan pemahaman bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau merupakan hal yang sudah biasa terjadi.

“Kami terus jelaskan bahwa itu hal yang alami dan biasa sebagai gunung aktif. Namun di satu sisi kami juga siapkan mitigasi bencana, siapkan jalur evakuasi dan koordinasi dengan instansi terkait agar wisatawan merasa nyaman dan aman,” jelasnya.

Ia mengaku, meski belum sampai ada wisatawan yang membatalkan pesanan kamar akan tetapi banyak pemesan hotel yang bertanya tentang aktivitas Gunung Anak Krakatau yang sedang terjadi.

“Untuk membatalkan belum, tapi bila tamu tanya terkait berita aktifnya Gunung Anak Krakatau iya ada, tapi kami jelaskan bahwa itu fenomena alam yang masih wajar. Semoga saja semua berjalan sesuai harapan kita dan dampak perputaran ekonomi bisa dirasakan masyarakat dan pelaku usaha, UMKM di Pandeglang,” harapannya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini