Beranda Uncategorized Jelang Pencoblosan, Bawaslu Banten Sebar Ribuan Pengawas TPS

Jelang Pencoblosan, Bawaslu Banten Sebar Ribuan Pengawas TPS

Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

SERANG – Hari pemungutan suara pada pelaksaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 tinggal hitungan hari. sejumlah persiapan teknis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiap-tiap Kabupaten dan kota terus dikebut, terutama dalam memenuhi kebutuhan logistik pemungutan suara. Jelang hari pencoblosan pada 27 Juni nanti, Bawaslu Banten sebar ribuan pengawas di daerah yang akan menggelar pilkada.

Anggota Bawaslu Provinsi Banten, Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Ali Faisal menyebutkan bahwa saat ini Jumlah Pengawas TPS yang disebar di masing-masing kabupaten/kota yaitu Kota serang 966, Kota  Tangerang 3.091, Kabupaten Tangerang 4.513, dan Kabupaten lebak 1.897.

“Total keseluruhan untuk Pengawas TPS di Provinsi Banten  sebanyak 10.467,” ungkapnya, Kamis (26/7/2018).

Bawaslu Banten juga tengah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan di setiap TPS. Beberapa indikator kerawanan adalah tingginya jumlah pemilih di setiap daerah serta masih adanya indikasi politik uang menjelang pemungutan suara.

Maka langkah antisipasi sebagai upaya pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran pada tahapan pemungutan suara, Bawaslu melakukan beberapa hal diantaranya adalah patroli pengawasan. Kegiatan ini dimaksud sebagai bentuk pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran.

“Kita sudah atur jadwal personel yang akan melakukan patroli di setiap wilayah di empat kabupaten dan kota, serta patroli ini akan dlaksanakan secara serentak mulai tanggal 24 Juni 2018,” ujar Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi.

Personel pengawas TPS ini diharapkan bisa menekan potensi kecurangan. Sebab kecurangan, disebut sering bermula dari tingkat TPS. Pengawas TPS juga akan memantau jalannya pemungutan suara pada hari pemilihan kepala daerah.

Dijelaskan Didih, saat ini pengawas TPS sedang dibekali secara teknis agar saat pelaksanaan pengawasan mereka sudah siap baik secara mental maupun pengetahuan secara kepengawasan. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini