Beranda Nasional Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemendag Pastikan Harga Pangan Stabil

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemendag Pastikan Harga Pangan Stabil

Ilustrasi Pasar Tradisional - foto istimewa liputan6.com

JAKARTA – Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan Tuti Prahastuti menuturkan bahwa harga bahan pangan sampai saat ini masih stabil. Namun, Tuti mengakui ada beberapa bahan tertentu yang mengalami kenaikan, yaitu bawang merah.

Hal itu disampaikannya dalam rangka menuju libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

“Sampai hari ini masih stabil. Kita ada beberapa naik, tapi daerah tertentu dan produk tertentu yang naik, itu bawang merah,” ujarnya saat ditemui di Menara 165, Jakarta Selatan, yang dikutip kompas.com, Senin (26/11/2018).





Ke depannya, Tuti pun memprediksi tidak akan ada kenaikan harga. Menurutnya, hal itu telah diantisipasi melalui koordinasi antara level kementerian dan daerah, begitu pula dengan kerja sama bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

“Sepertinya enggak ada (kenaikan harga). Kita soalnya sudah mengantisipasi, Pak Mendag sudah melalukan rakor dengan seluruh perwakilan kepala dinas perdagangan dan perindustrian di 34 provinsi,” ucap dia.

“Itu sudah disepakati, mereka akan turun dengan Satgas Pangan dan mulai tanggal 16 November kemarin kita sudah mulai melakukan rakor di daerah,” sambung dia.

Selain itu, mereka juga akan menurunkan pejabat eselon I di Kementerian Perdagangan untuk meninjau di khususnya 15 provinsi yang menjadi prioritas.

“Kita sebar seluruh pejabat Kementerian Perdagangan ke-15 daerah khususnya, Jawa hampir semua, dan provinsi yang kebanyakan beragama Nasrani, karena fokusnya itu, permintaan banyak, terkait dengan supply dan demand, itu sudah mulai, sampai akhirnya kita akan turun seminggu sebelum Natal,” kata Tuti.

Selain itu, ia mengatakan stok bahan pangan juga berada pada level aman menjelang penghujung tahun 2018. (Red)