Beranda Pemerintahan Jelang Mutasi Eselon II Cilegon, Asesmen dan Wawancara Diklaim Hasilkan Pejabat OPD...

Jelang Mutasi Eselon II Cilegon, Asesmen dan Wawancara Diklaim Hasilkan Pejabat OPD yang Berkompeten

405
0
ilustrasi mutasi dan rotasi. (doc.google)

CILEGON – Dalam beberapa kali kesempatan, Walikota Cilegon Edi Ariadi menegaskan bahwa dirinya akan melakukan mutasi dan rotasi pejabat eselon II berdasarkan kompetensi. Selain mengacu kepada ketentuan, hasil asesmen dan disusul wawancara uji kompetensi kemudian oleh Tim Pansel menurutnya semakin memudahkan kerja Pemkot untuk memutuskan posisi yang layak bagi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama itu.

“Seleksi (keputusan mutasi dan rotasi) itu nanti berdasarkan hasil ya. Penilaian 40 persen dari asesmen ditambah 60 persen dari wawancara Tim Pansel. Tapi banyak yang hasilnya berimbang setelah tambahan hasil asesmen dan wawancara itu dibagi dua,” ungkap Walikota belum lama ini.

Ditanyakan kaitan dengan waktu kapan mutasi dan rotasi itu dilaksanakan, lagi-lagi Edi belum dapat memastikannya dengan dalih bahwa Pemkot masih berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mempersiapkan lelang jabatan (open bidding), agenda berikutnya pasca mutasi pejabat eselon II dilakukan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan KASN. Rencananya ada enam OPD yang akan kita lakukan open bidding, OPD mana saja? itu menjadi kerahasiaan Pak Walikota,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Cilegon sekaligus Ketua Tim Pansel, Sari Suryati, Jumat (13/9/2019) kemarin.

Pemkot Cilegon hingga saat ini masih merahasiakan hasil dari asesmen dan wawancara terhadap sekira 28 pejabat eselon II tersebut. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun, hasil wawancara oleh Tim Pansel tersebut telah merekomendasikan kepada Walikota selaku pemegang prerogatif berdasarkan pemeringkatan.

“Hasil wawancara pansel, tiga yang terbaik itu Pak Tatang (Tatang Muftadi, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil), Pak Dana (Dana Sujaksani, Asisten Daerah III) sama Pak Mahmudin (Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan). Semuanya juga sudah diajukan ke KASN, termasuk hasil asesmen sebelumnya, sudah final. Jadi sekarang tinggal tunggu putusan Walikota saja,” ucap sumber BantenNews.co.id yang menolak disebutkan identitasnya. (dev/red)