Beranda Pariwisata Jelang Mudik Lebaran Satlantas Polres Pandeglang Bentuk Tim Pancar

Jelang Mudik Lebaran Satlantas Polres Pandeglang Bentuk Tim Pancar

Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Jeany Vidianiati memeriksa kondisi kendaraan dinas yang akan digunakan dalam operasi ketupat maung 2022 di Mapolres Pandeglang.

PANDEGLANG – Menjelang mudik lebaran dan mengantisipasi kemungkinan kemacetan yang bakal terjadi, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pandeglang membentuk Tim Pancar atau Pandeglang Lancar. Tim ini merupakan gabungan dari Turjawali Lantas dan Turjawali Samapta Polres Pandeglang.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Jeany Vidianiati mengatakan, Tim Pancar memiliki tugas utama mengurai kemacetan yang terjadi di jalan selama arus mudik, arus balik dan libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Kami melakukan pengecekan kelengkapan pribadi anggota Satlantas Polres Pandeglang dan pengecekan kendaraan dinas yang akan kami gunakan pada operasi ketupat maung 2022. Mudik Lebaran tahun ini tidak ada penyekatan yang ada kita menerjunkan tim Pancar (Pandeglang lancar),” kata Jeany, Kamis (21/4/2022).

Ia membeberkan, Tim Pancar merupakan tim gabungan antara Turjawali Lantas dengan Turjawali Samapta dengan jumlah personil sebanyak 15 personil yang terdiri 1 perwira (Kanit Patroli Satlantas), 7 anggota Turjawali Satlantas dan 7 anggota Turjawali Samapta.

“Tim Pancar disebar di beberapa titik lokasi. Untuk pos pengamanan kami ada di Mengger, Cigadung dan Citeureup sedangkan pos pelayanan kesehatan di Karangsari dan Alun-alun Pandeglang,” bebernya.

Dirinya memastikan bahwa personel dan kendaraan dinas yang akan digunakan selama operasi kegiatan pengamanan dalam kondisi baik dan siap diterjunkan ke lokasi yang sudah ditentukan.

“Adapun mekanisme membuat arus mudik Pancar, kita akan menggunakan jalur alternatif dan apabila penggunaan jalur alternatif masih terjadi kepadatan arus lalu lintas, maka akan lanjutkan ke one way atau sistem satu arah,” katanya

Kasat Lantas mengimbau kepada pemudik agar mematuhi peraturan lalu lintas dan juga protokol kesehatan serta memeriksa kendaraan mereka sebelum digunakan di jalan.

“Pemudik menjaga kesehatan fisik dan kondisi kendarannya dipastikan baik. Dan juga sudah vaksin baik dosis satu, dua dan booster untuk kesehatan mereka,” pesannya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini